Sabtu, 08 Januari 2011

RUMUS MENYIKAPI INFORMASI GIZI

Ditengah era keterbukaan informasi saat ini, berbagai informasi denganmudah kita peroleh termasuk masalah makanan, gizi dan diet. Gencarnya berbagai perusahaan melakukan kegiatan iklan produk gizi dan makanan dengan berbagai metode yang pada intinya selalu menampilkan "keunggulan" produknya dapat membuat kita konsumen tersesat ke jalan yang salah jika tidak pandai menyikapinya. Bias publikasi salah satu penyakit yang mudah ditemui dalam kancah ilmiah maksudnya adalah menampilkan karya ilmiah dari sisi-sisi yang dianggap menguntungkan pribadi golongan atau perusahaan. Ibarat seorang gadis yang super cantik dengan body super aduhai maka sebuah karya ilmiah yang mengalami bias publikasi hanya akan menampilkan sisi yang menarik, buat penasaran sehingga konsumen menjadi "terangsang" untuk menikmatinya. Untuk menghindari "jalan sesat"  tersebut, salah satu modal yang harus kita kuasai adalah ilmu dasarnya "basic science"-nya. Agar kita tidak salah jalan terutama dalam mengkonsumsi masalah Gizi/Diet simak dan resapkan tulisan dibawah ini...Link-nya: