Minggu, 30 Januari 2011

ASAM AMINO PROLIN

Oleh :MURJANI
NPM : 712002 S 010047 R    Kelas : A
D3 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Banjarmasin
2011

1. Pengertian
Asam amino adalah sembarang senyawa organik yang memiliki gugus fungsional karboksil (-COOH) dan amina (biasanya -NH2). Dalam biokimia seringkali pengertiannya dipersempit: keduanya terikat pada satu atom karbon (C) yang sama (disebut atom C "alfa" atau α). Gugus karboksil memberikan sifat asam dan gugus amina memberikan sifat basa. Dalam bentuk larutan, asam amino bersifat amfoterik: cenderung menjadi asam pada larutan basa dan menjadi basa pada larutan asam. Perilaku ini terjadi karena asam amino mampu menjadi zwitter-ion. Asam amino termasuk golongan senyawa yang paling banyak dipelajari karena salah satu fungsinya sangat penting dalam organisme, yaitu sebagai penyusun protein(1).
Prolin (disingkat Pro atau P) adalah α- asam amino , salah satu dari dua puluh DNA dikodekan-asam amino. bukan asam amino esensial, yang berarti bahwa tubuh manusia dapat mensintesisnya(2)

Asam amino prolin adalah salah satu yang unik di antara 20 pembentuk asam amino-protein dalam kelompok α-amino yang sekunder . (2)’
Prolin Memiliki rumus kimia C5H9NO2, titik leburnya 221 derajat selsius, titik iso elektrik  6,30  nama sistematiknya adalah Asam S-pirolidin-2-karboksilat. (7)

2. Manfaat umum asam Amino prolin
Prolin memperbaiki tekstur kulit dengan membantu produksi kolagen dan mengurangi hilangnya kolagen melalui proses penuaan. Ini membantu dalam penyembuhan tulang rawan dan penguatan sendi, tendon, dan otot jantung. Ia bekerja dengan Vitamin C untuk mempromosikan jaringan ikat sehat . (5)’
Prolin membantu tubuh memecah protein untuk digunakan dalam menciptakan sel-sel sehat dalam tubuh, Hal ini sangat penting untuk pengembangan dan pemeliharaan kulit yang sehat dan jaringan ikat, terutama di lokasi cedera jaringan traumatik. Prolin dan lisin (lagi salah satu asam amino yang penting untuk sintesis protein) keduanya diperlukan untuk membuat hydroxyproline dan hydroxylysine , dua asam amino yang membentuk kolagen. Kolagen membantu untuk menyembuhkan tulang rawan dan bantalan sendi dan tulang belakang. Untuk alasan ini, suplemen prolin mungkin terbukti bermanfaat untuk pengobatan kondisi seperti osteoarthritis, gigih strain jaringan lunak, dan nyeri punggung kronis. (6)’


3. Fungsi biologi asam amino
Penyusun protein, termasuk enzim.
Kerangka dasar sejumlah senyawa penting dalam metabolisme (terutama vitamin, hormon dan asam nukleat).
Pengikat ion logam penting yang diperlukan dalam dalam reaksi enzimatik (kofaktor) (1).

4. Struktur asam amino prolin
Struktur asam α-amino, dengan gugus amina di sebelah kiri dan gugus karboksil di sebelah kanan.
Struktur asam amino secara umum adalah satu atom C yang mengikat empat gugus: gugus amina (NH2), gugus karboksil (COOH), atom hidrogen (H), dan satu gugus sisa (R, dari residue) atau disebut juga gugus atau rantai samping yang membedakan satu asam amino dengan asam amino lainnya , Prolina (Pro, P) (memiliki gugus siklik) (1).
Prolin
Fungsi terpenting prolin tentunya adalahsebagai  komponen protein.Seltumbuh-tumbuhan tertentu yang terpapar kondisilingkungan yang kurang cocok (misalnyakekeringan)  akan  menghasilkan  prolin untuk  menjagakeseimbanganosmotik sel.Prolin  dibuat  dariasam L-glutamatdengan prekursor suatu asam amino. Prolin bukan merupakan asam aminoesensial bagi manusia. Sebagai bahan dasar glutamic acid. Bersama lycine dan vitamin Cakan  membentuk  jaringan  kolagen  yang  penting  untuk  menjaga  kecantikan  kulit.Memperkuat persendian, tendon, tulang rawan dan otot jantung.(3)

5. Biosintesis Prolin
Prolin secara resmi TIDAK asam amino, tapi asam Imino. Meskipun demikian, hal itu disebut asam amino. Amina primer pada karbon α dari semialdehid glutamat membentuk dasar Schiff dengan aldehida yang kemudian dikurangi, menghasilkan prolin.                 Ketika prolin berada dalam ikatan peptida, tidak memiliki hidrogen pada gugus amino α, sehingga tidak bisa menyumbangkan ikatan hidrogen untuk menstabilkan suatu heliks α β atau lembaran.  Hal ini sering dikatakan, tidak akurat, yang prolin tidak bisa eksis dalam α helix. . Ketika prolin ditemukan dalam α helix, helix akan memiliki sedikit membungkuk karena kurangnya ikatan hidrogen. .(4)                                                                                        Prolin sering ditemukan pada akhir heliks α atau secara bergiliran atau loop.  Tidak seperti asam amino lain yang ada hampir secara eksklusif di trans - formulir di polipeptida, prolin dapat eksis dalam konfigurasi-cis di peptida.  Cis dan trans bentuk hampir isoenergetic. .(4)

6. Sumber Asam amino Prolin
Daging, susu, dan telur adalah sumber alami terbaik prolin; vegetarian atau mereka dengan diet rendah protein secara serius harus mempertimbangkan kombinasi asam amino yang mengandung suplemen, antara lain asam amino, prolin. suplemen prolin tersedia dalam kapsul yang berdiri sendiri dan tablet, tapi ini asam amino ini juga sering dimasukkan dalam suplemen dipasarkan untuk pengobatan kondisi tertentu, seperti herpes (dalam kombinasi dengan lisin), artritis, atau nyeri punggung, atau dalam suplemen atau olahraga minuman dipasarkan untuk pembangun tubuh dan atlet. Prolin mungkin dalam suplemen digunakan untuk mempromosikan kesehatan jantung, biasanya dalam kombinasi dengan vitamin C . (6)




KEPUSTAKAAN
1.      http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_amino (Diakses 29 Januari 2011)
2.      http://en.wikipedia.org/wiki/Proline (Diakses 29 Januari 2011)
3.       “Fungsi Asam Amino Esensial Dan Non Esensial Beserta Strukturnya”  http://www.scribd.com/doc/45858480/Fungsi-Asam-Amino-Esensial-Dan-Non-Esensial-Beserta-Strukturnya  (Diakses 29 Januari 2011)
4.       “p prolin (pro)”  http://www.biology.arizona.edu/biochemistry/problem_sets/aa/proline.html  (Diakses 29 Januari 2011)
5.      “prolin (asam amino non-penting)” http://www.realtime.net/anr/aminoacd.html  (Diakses 29 Januari 2011)
6.      “Prolin” http://www.vitaminstuff.com/amino-acid-proline.html  (Diakses 29 Januari 2011)
7.      “Asam amino “ http://www.docstoc.com/docs/17254823/Asam-Amino (Diakses 29 Januari 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar