Sabtu, 05 Februari 2011

LEMAK TAK JENUH


Oleh: DINA MUGNIAWATI
 NPM: 712002S010010 R  Kelas: 1A
D3 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Banjarmasin 2011


PENDAHULUAN
Asam lemak (bahasa Inggris: fatty acid, fatty acyls) adalah adalah senyawa alifatik dengan gugus karboksil. Bersama-sama dengan gliserol, merupakan penyusun utama minyak nabati atau lemak dan merupakan bahan baku untuk semua lipida pada makhluk hidup. Asam ini mudah dijumpai dalam minyak masak (goreng), margarin, atau lemak hewan dan menentukan nilai gizinya. Secara alami, asam lemak bisa berbentuk bebas (karena lemak yang terhidrolisis) maupun terikat sebagai gliserida1 asam lemak dibedakan menjadi asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh termasuk polyunsaturated lemak dan lemak tak jenuh tunggal.Kedua jenis ini terutama ditemukan dalam produk tanaman.Lemak tak jenuh tunggal ditemukan dalam kadar tinggi dalam zaitun, kacang tanah, dan minyak canola.Tak jenuh ganda dan asam lemak tak jenuh tunggal yang disarankan untuk lebih rendah-density lipoprotein rendah (LDL) kolesterol 5.

Ada lemak yang baik dikonsumsi, ada pula jenis lemak yang sebaiknya dihindari sama sekali. Jenis lemak yang baik untuk dikonsumsi adalah lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat). Lemak yang tidak baik untuk dikonsumsi adalah lemak jenuh (saturated fat). jenis-jenis lemak dengan tingkat tak jenuh tunggal dan tak jenuh 3.

Para penelti menemukan bahwa sebuah diet diperkaya oleh konsentrasi tinggi dari asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal terdapat pada minyak bunga matahari, yang merupakan minyak yang terbaik untuk menurunkan kolesterol jahat “LDL” diantara 31 Pria dan Wanita4 . Lemak tak jenuh,ditemukan makanan seperti kacang, avocado, dan zaitun(olive). Mereka cair pada suhu kamar dan berbeda lemak jenuh dalam struktur kimia yang berisi dua rantai ikatan. selan itu, peneliti telah menunjukkan bahwa lemak tak jenuh juga menyehatkan jantung-mereka mempunyai kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL kolesterol(kolesterol baik) 2.


PENGERTIAN
Lemak tak jenuh adalah lemak atau asam lemak yang ada setidaknya satu ikatan rangkap dalam rantai asam lemak.Sebuah lemak molekul adalah tak jenuh tunggal jika mengandung satu ikatan ganda, dan polyunsaturated jika mengandung lebih dari satu ikatan rangkap.Dimana ikatan rangkap terbentuk, hidrogen atom dielimininasi.Dengan demikian, lemak jenuh tidak memiliki ikatan rangkap, memiliki jumlah maksimum hidrogen terikat pada karbon, dan karena itu adalah "jenuh" dengan atom hidrogen.Dalam seluler metabolisme , obligasi dipecah - atau teroksidasi - untuk menghasilkan energi, sehingga molekul lemak tak jenuh mengandung kurang energi agak (yaitu, lebih sedikit kalori ) dari jumlah yang setara dengan lemak jenuh.Semakin besar tingkat jenuh dalam asam lemak (yaitu, dua kali lipat lebih banyak obligasi asam lemak) lebih rentan itu adalah untuk peroksidasi lipid ( tengik ). Antioksidan dapat melindungi lemak tak jenuh dari peroksidasi lipid.6

SUMBER LEMAK TAK JENUH
lemak tak jenuh ditemukan terutama dalam kacang-kacangan, buah zaitun dan alpukat. Struktur kimia dari lemak tak jenuh berbeda dari lemak jenuh sepenuhnya. Juga, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa lemak tak jenuh sebenarnya jantung sehat. Hal ini menyebabkan jenis HDL kolesterol yang sebenarnya diyakini menjadi sehat bagi jantung9.

PERBEDAAN LEMAK JENUH DAN LEMAK TAK JENUH
perbedaan antara lemak jenuh dan takjenuh utamanya adalah, dua jenis tipe lemak yang ditemukan dalam makanan, dapat menolong mebua kolesterol anda lebih rendah. sedangkan kedua jens lemak(jenuh dan tak jenuh) dalam berbagai jenis makanan, pembelajaran telah menemukan bahwa lemak tidak dibuat sama.lemak tak jenuh sapat bermanfaat bagijantung anda, sedang lemak jenuh dapat mengganggu kolesterol anda dan jantung anda2 .

MACAM LEMAK TAK JENUH
ada dua macam lemak tak jenuh yaitu:
1.      Lemak tak jenuh tunggal
Yaitu Asam lemak dengan satu atau lebih ikatan ganda (karbon dengan karbon). Asam lemak dengan ikatan ganda tunggal disebut tak jenuh tunggal7.
2.      Lemak tak  jenuh ganda
Yaitu asam lemak dengan dua atau lebih, disebut tak jenuh ganda.7.

Beberapa  asam lemak tak jenuh berantai panjang yang terbentuk dari asam palmitat dalam jaringan sel hewan adalah asam cis-vasenat (11-C18:1), asam nervonat (15-C24:), dan asam likosatrienoat (5, 8, 11-C20:3)8.




SUMBER MAKANAN LEMAK
Sumber makanan lemak dan perkiraan yang sesuai mereka monuunsaturated lemak dan kadar lemak tak jenuh ganda. Dengan dalam setiap kategori, makanan terdaftar dari tinggi ke rendah untuk konten lemak tak jenuh ganda.10
Lemak tak jenuh sumber makanan
Kadar lemak tak jenuh tunggal (g grams/1oo makanan)
Kadar lemak polyunsaturated (grams/1oo g makanan)
Kacang-kacangan
Kacang, macadamia kacang, panggang kering, dengan garam ditambahkan
1.50 1.50
59.27 59.27
Kacang, hazelnut atau filberts
7.92 7.92
45.65 45.65
Kacang-kacangan, pecan
21.62 21.62
40.80 40.80
Kacang-kacangan, almond
12.22 12.22
32.16 32.16
Kacang, kacang-kacangan, minyak bakar, dengan kacang tanah, dengan ditambahkan garam
13.30 13.30
31.70 31.70
Kacang, dicampur kacang, kering panggang, dengan kacang tanah, dengan ditambahkan garam
10.77 10.77
31.39 31.39
Kacang, kacang mete, panggang kering, dengan garam ditambahkan
7.84 7.84
27.32 27.32
Kacang, kacang mete, minyak bakar, dengan garam ditambahkan
8.55 8.55
25.92 25.92
Kacang-kacangan, brazilnuts, dikeringkan, unblanched
20.58 20.58
24.55 24.55
Kacang, kacang pistachio, panggang kering, dengan garam ditambahkan
13.90 13.90
24.22 24.22
Kacang, kacang pinus, kering
34.07 34.07
18.77 18.77
Kacang, kacang pinus, kering
34.07 34.07
18.77 18.77
Kacang-kacangan, walnut, bahasa inggris
47.17 47.17
8.93 8.93
Kacang-kacangan, daging kelapa, dikeringkan (kering), manis, diparut
0.39 0.39
1.51 1.51
Kacang-kacangan, daging kelapa, mentah
0.37 0.37
1.42 1.42
Kacang-kacangan, chestnut, european, panggang
0.87 0.87
0.76 0.76

Kacang tanah
Kacang tanah, semua jenis, minyak bakar, dengan garam
15.27 15.27
25.94 25.94
Kacang tanah, semua jenis, kering-panggang, dengan garam
15.69 15.69
24.64 24.64
Kacang tanah, semua jenis, kering-bakar, tanpa garam
15.69 15.69
24.64 24.64
Selai kacang, gaya chunk, dengan garam
14.80 14.80
24.56 24.56
Selai kacang, gaya halus, dengan garam
13.87 13.87
23.71 23.71
Vegatable minyak
Minyak, sayuran safflower, salad atau memasak, oleat, lebih dari 70% (minyak safflower utama commerce)
14.35 14.35
74.65 74.65
Minyak, zaitun, salad atau memasak
10.53 10.53
72.96 72.96
Minyak, kacang, salad atau memasak
32.00 32.00
46.20 46.20
Minyak, kedelai, salad atau memasak, (dihidrogenasi)
37.60 37.60
43.00 43.00
Minyak, wijen, salad atau memasak
41.70 41.70
39.70 39.70
Minyak, kedelai, salad atau memasak, (dihidrogenasi) dan biji kapas
48.10 48.10
29.50 29.50
Minyak, sayuran, jagung, industri dan ritel, semua tujuan salad atau memasak
54.68 54.68
27.57 27.57
Minyak, sayuran, bunga matahari, linoleat, (sekitar 65%)
65.70 65.70
19.50
 


KEPUSTAKAAN

1.http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_lemak

2. Rolfes SR, Whitney E. Understanding Nutrition, 3rd ed 2005.

3. Posted by David Chandra. Filed under Healthy Corner. Tags: Bad Fats, Good Fats, Good Fats vs Bad Fats, lemak jenuh, lemak tak jenuh


5. Hodson, L., Skeaff, CM, Chisholm, WA2001. The effect of replacing dietary saturated fat with polyunsaturated or monounsaturated fat on plasma lipids in free-living young adults. Pengaruh diet mengganti lemak jenuh dengan polyunsaturated atau monounsaturated lemak pada lipid plasma pada orang dewasa muda yang hidup bebas. European Journal of Clinical Nutrition, 55: 908-915. European Journal of Clinical Nutrition, 55: 908-915.

6. Dariush Mozaffarian; Rimm, EB; Herrington, DM (1 November 2004). "diet lemak, karbohidrat, dan progresi aterosklerosis koroner pada wanita postmenopause" 1175-1184. American Journal of Clinical Nutrition 80 (5):. PMID 15531663 . PMC 1270002 . http://www.ajcn.org/cgi/content/full/80/5/1175 .



9.  http://www.scumdoctor.com/Indonesian/nutrition/fat/saturated-fat/What-Is-The-  Difference-Between-Saturated-Fat-And-Unsaturated-Fat.html



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar