Kamis, 03 Februari 2011

LEMAK JENUH

Oleh: DIANA MARDIAH  
NPM  :  712002  S010011 R  Kelas : A
 D3 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Banjarmasin 2011

PENDAHULUAN
            Lemak dibutuhkan semua orang. Bahkan, pada makanan pertama yang diasup manusia ketika baru lahir, yakni ASI, terdapat lemak di dalamnya. Asam lemak esensial sangat dibutuhkan tubuh semua golongan usia. Namun, kelebihan asam lemak jenuh sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa menjadi penyebab penyakit degeneratif. Pada dasarnya ada lemak jenuh, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak tidak jenuh ganda. Jenuh di sini artinya seluruh atom karbon sudah berikatan dengan atom hidrogen. Sebaliknya, tidak jenuh artinya atom karbonnya ada yang memiliki ikatan rangkap dengan atom karbon di sebelahnya dan masih bisa dijenuhkan atau diikatkan dengan atom hidrogen.
A.    Pengertian Lemak Jenuh
   Lemak Jenuh atau kolesterol merupakan suatu jenis zat lemak (sterol) yang sangat jenuh (poly saturated fat), merupakan zat lilin dan agak keras, yang berwarna putih kekuning-kuningan. Kebanyakan ditemukan dalam lemak hewani.Kolesterol secara alami sudah ada dalam tubuh kita. Hati adalah yang memproduksi kolesterol, kolesterol berfungsi untuk membangun dinding sel dan juga untuk membuat hormon-hormon tertentu.Sebenarnya tubuh manusia sudah bisa menghasilkan kolesterol sendiri, namun karena manusia mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung lemak sehingga menyebabkan kadar lemak dalam tubuhnya sangat berlebih.
            Penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang berlebihan dalam darah. Hal itu bisa terjadi karena kolesterol yang berlebih akan membentuk bekuan dan plak yang akan menyumbat arteri dan akhirnya memutuskan aliran darah ke jantung yang akan menyebabkan serangan jantung, dan ke otak akan menyebabkan stroke. Jadi agar terhindar dari serangan jantung sangat disarankan untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh kita. Jika seseorang pernah mengalami serangan jantung atau pembedahan baypass, kadar kolesterolnya harus diperiksa secara rutin. dengan menjaga kolesterol agar tetap wajar merupakan jaminan terbaik untuk terhindar dari penyumbatan pembuluh darah arteri.

Memahami Kadar Kolesterol
            Kadar kolesterol terbagi menjadi 2 (dua) bagian:
  • Kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein), merupakan "kolesterol baik" karena kemampuannya untuk membersihkan pembuluh darah arteri.
  • Kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) atau "kolesterol jahat" yang membuat endapan dan menyumbat arteri.
            Kadar kolesterol HDL diatas 60 berarti sangat baik. Makin tinggi kadar kolesterol HDL, makin rendah resiko untuk mendapat serangan jantung atau stroke. Kadar kolesterol LDL yang baik adalah lebih rendah dari 130, dan semakin rendah, akan semakin baik.Pemeriksaan kadar kolesterol paling baik dilakukan setelah berpuasa selama 12 jam. Pemeriksaan darah juga akan mengukur komponen darah seperti trigliserida. Seperti halnya kolesterol, trigliserida merupakan sejenis lemak yang ditermukan di dalam makanan seperti daging, keju, ikan dan kacang-kacangan dan juga dibuat sendiri oleh tubuh.
            Kolesterol tidak berdiri sendiri dalam aliran darah, tetapi mengikat zat protein dan lemak darah untuk membentuk lipoprotein yang disebut apoprotein yang berperan penting dalam pengakutan temak yaitu High Density Lipoprotein (HDL) dan Low Density Lipoprotein (LDL).
HDL mengikat kolesterol dan menggantungkannya dalam peredaran darah, tetapi LDL mudah melepaskan kolesterol sehingga dapat bertumpuk dan mengendap di dinding bagian dalam pembuluh darah serta membentuk persenyawaan dengan zat lain yang menjadi penghambat peredaran darah.
            Sifat keturunan menentukan perbandingan HDL dan LDL ditambah dengan pengaruh faktor lain. Nilai HDL lebih tinggi pada orang yang tidak merokok, pada orang yang tidak gemuk, pada peminum ringan, pada orang yang mempunyai kebiasaan berolahraga serta pada mereka yang banyak mengkonsumsi makan nabati berlemak rendah dan banyak mengandung serat nabati.HDL membantu mengangkut kelebihan kolesterol ke luar dari darah sehingga akan mempersulit terjadinya endapatan di dinding bagian dalam pembuluh darah, sedangkan LDL bertindak sebaliknya. Jika kadar HDL tinggi maka akan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung koroner dan sebaliknya.
beberapa gambar di bawah ini merupakan contoh kolesterol yang menyumbat pembuluh darah,
            Lemak jenuh mempunyai sifat yang tidak menyenangkan, yaitu menyebabkan darah menjadi lengket dengan dinding pembuluh darah, sehingga darah menjadi mudah menggumpal. Selain itu, lemak jenuh memudahkan terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah. Lemak jenuh banyak terdapat pada lemak nabati (minyak kelapa), lemak susu (mentega), lemak daging, dan lain lain.

B.     Perbedaan Lemak Jenuh dan Lemak Tak Jenuh
            Lemak jenuh adalah terjemahan dari “saturated fat” dan lemak tak jenuh dari “unsaturated fat”. Di alam kedua jenis lemak itu ada, misalnya minyak kelapa (kelapa, kelapa sawit) lemak hewan (kecuali ikan) mengandung lemak jenuh, minyak kacang (soybean oil, corn oil, sunflower oil) mengandung lemak tidak jenuh. Lemak jenuh terdiri dari molekul lemak yang semua / hampir semua atom C (karbon) nya mengikat atom H (hidrogen), pada lemak tak jenuh tidak semua atom C dari molekul lemaknya mengikat atom H.
            Jenis lemak yang berbahaya untuk kesehatan tubuh adalah lemak alami yang mengalami proses hidrogenisasi. Proses hidrogenisasi adalah penambahan atom H pada molekul lemak di pabrik sehingga lemak yang tak jenuh menjadi jenuh (kalau hidrogenisasinya sempurna). Contohnya adalah margarin (bukan butter) yang dibuat di pabrik dari hidrogenisasi minyak kelapa sawit dengan tujuan agar tidak lekas rusak (tengik) bila disimpan, dan memberi rasa lebih enak bila dimakan. Lemak jenuh mempunyai titik didih yang lebih tinggi dari lemak tidak jenuh, misalnya penggunaan “shortening” untuk “deep fry” supaya hasil gorengan garing (kriuk kriuk). Sayangnya lemak jenuh buatan (bukan alami) ternyata menurut penelitian meningkatkan resiko terjadinya atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan berakhir dengan serangan jantung atau stroke. Lemak jenuh buatan merangsang tubuh untuk menghasilkan lebih banyak cholesterol LDL (cholesterol jahat) dibandingkan cholesterol HDL (cholesterol baik).
            Yang lebih berbahaya dan perlu diwaspadai adalah lemak trans (trans fat), yaitu lemak yang mengalami proses hidrogenisasi tidak sempurna (tidak semua atom C mengikat atom H) hingga terbentuk lemak yang sebetulnya di alam tidak ada. Jenis lemak ini sangat berbahaya karena menurut penelitian meningkatkan resiko atherosclerosis hingga lebih dari 30%. Di negara maju seperti Amerika, Canada, dan Eropa (terutama Norwegia) ada peraturan pemerintah yang mewajibkan perusahaan makanan yang diproses mencantumkan persentasi kandungan trans fat pada kemasan nya. Masing masing negara memberi batasan aman, umumnya dibawah 1.5% dari kandungan lemak total, kecuali di Norwegia makanan yang diproses tidak boleh mengandung trans fat alias 0%.
Penggolongan Lemak Berdasarkan Kejenuhan
            Klasifikasi lemak dan minyak dapat ditinjau dari beberapa aspek, salah satunya yang insya Allah akan saya perjelas adalah aspek kejenuhannya. Lemak dan minyak dapat dibedakan berdasarkan ikatan rangkapnya (jenuh dan tak jenuh). Jenuh jika hanya memiliki satu ikatan rangkap dan tak jenuh jika memiliki dua dan tiga ikatan rangkap. Berikut contohnya :
1.      Asam Lemak Jenuh
Nama asam
Struktur
Sumber
Butirat
CH3(CH2)2CO2H
Lemak susu
Palmitat
CH3(CH2)14CO2H
Lemak hewani dan nabati
Stearat
CH3(CH2)16CO2H
Lemak hewani dan nabati
2.      Asam Lemak Tak Jenuh
Nama asam
Struktur
Sumber
Palmitoleat
CH3(CH2)5CH=CH(CH2)7CO2H
Lemak hewani dan nabati
Oleat
CH3(CH2)7CH=CH(CH2) 7CO2H
Lemak hewani dan nabati
Linoleat
CH3(CH2)4CH=CHCH2CH=CH(CH2)7CO2H
Minyak nabati
Linolenat
CH3CH2CH=CHCH2CH=CHCH2=CH (CH2) 7CO2H
Minyak biji rami
            Asam lemak jenuh merupakan asam lemak yang mengandung ikatan tunggal pada rantai hidrokarbonnya. Asam lemak jenuh mempunyai rantai zig-zig yang dapat cocok satu sama lain, sehingga gaya tarik vanderwalls tinggi, sehingga biasanya berwujud padat. Sedangkan asam lemak tak jenuh merupakan asam lemak yang mengandung satu ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya . asam lemak dengan lebih dari satu ikatan dua tidak lazim,terutama terdapat pada minyak nabati,minyak ini disebut poliunsaturat. Trigliserida tak jenuh ganda (poliunsaturat) cenderung berbentuk minyak.
            Untuk mengetahui perbedaan antara lemak jenuh dan tak jenuh utamanya adalah, dua jenis tipe lemak yang ditemukan dalam makanan, dapat menolong mebua kolesterol anda lebih rendah. sedangkan kedua jens lemak(jenuh dan tak jenuh) dalam berbagai jenis makanan, pembelajaran telah menemukan bahwa lemak tidak dibuat sama.lemak tak jenuh sapat bermanfaat bagi jantung anda, sedang lemak jenuh dapat mengganggu kolesterol anda dan jantung anda.
            Lemak jenuh terdapat di hewan dan produk-produk makanan olahan, seperti daging, produk susu, kripik, dan yang merusak. Struktur kimia dari lemak jenuh adalah sepenuhnya dengan atom hidrogen, dan tidak mengandung dua rantai ikatan antara atom-atom karbon. Lemak jenuh tidak menyehatkan jantung, karena mereka adalah yang paling dikenal untuk meningkatkan kolesterol LDL anda (kolesterol yang buruk).
            Di sisi lain, Lemak tak jenuh ditemukan pada makanan seperti kacang, avocado, dan zaitun(olive). Mereka cair pada suhu kamar dan berbeda lemak jenuh dalam struktur kimia yang berisi dua rantai ikatan. selan itu, peneliti telah menunjukkan bahwa lemak tak jenuh juga menyehatkan jantung. Mereka mempunyai kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL kolesterol (kolesterol baik).
C.    Sebab - Sebab Lemak Jenuh Berlebih dalam  Tubuh
1.      Diet Anda
Makan terlalu banyak lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Biasanya ditemukan lemak tak sehat dalam makanan yang berasal dari hewan. Daging sapi, babi, anak sapi, susu, telur, mentega, dan keju mengandung lemak jenuh. Makanan kemasan yang mengandung minyak kelapa, kelapa sawit, kakao atau mentega dapat mengandung banyak lemak jenuh. Anda juga akan menemukan lemak jenuh dalam mentega, minyak sayur, dan sebagian besar kue, kerupuk, keripik, dan makanan ringan lainnya.
2.      Berat Badan Anda
            Lemak perut Anda tidak hanya buruk bagi kehidupan sosial. Kegemukan yang dapat meningkatkan dan menurunkan HDL triglicerides, atau kolesterol baik.
3.      Aktivitas Kerja
            Turun dari tempat dudukmu dan bergeraklah! Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan LDL atau kolesterol jahat, dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.
4.      Umur dan jenis kelamin
            Setelah mencapai usia 20, kadar kolesterol Anda alami mulai bangkit. Pada laki-laki, umumnya kadar kolesterol tinggi menetap setelah umur 50. Pada perempuan, kolesterol tinggi tetap cukup rendah sampai mati haid, setelah itu naik ke sekitar tingkat yang sama seperti pada laki-laki.
5.      Kesehatan Tubuh
            Jangan melewatkan pemeriksaan fisik tahunan Anda, dan pastikan agar dokter menjelaskan risiko penyakit jantung Anda. Memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes atau hipotiroidisme, dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

6.      Riwayat Kesehatan Keluarga
            Jika ada anggota keluarga mengidap kolesterol tinggi, bisa jadi Anda juga memiliki bakat.
7.      Merokok
            Anda pasti sudah tahu yang satu ini. Merokok dapat menurunkan kolesterol baik Anda. Dan rokok dapat membunuh Anda.
            Empat  penyebab utama penyakit jantung koroner dan pembuluh darah yakni kegemukan, kolesterol tinggi, perokok berat dan hipertensi.Para ahli percaya bahwa lemuk jenuh dan kolesterol yang terdapat dalam makanan berdaging merupakan momok yang menakutkan karena dapat mengendap di dinding dalam pembuluh darah yang :
a. Menganggu jaringan yang dilekatinya dan dapat menyebabkan peradangan sehingga menyebabkan luka dan pertumbuhan yang abnormal jaringan sel epithel gepeng pada dinding bagian dalam pembuluh arterinya.
b. Menyebabkan pembengkakan pada dinding bagian dalam pembuluh darah yang dapat mengurangi sifat kelenturan pembuluh arteri, yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan sehingga pasokan oksigen ke jaringan jantung berkurang (serangan penyakit jantung)

            Kasus kematian akibat penyakit jantung tercatat pertama kali pada tahun 1912, sejak itu penyakit jantung berkembang menjadi pembunuh nomer satu di dunia. Pemeriksaan otopsi terhadap 300 mayat tentara Amerika dalam perang Korea ditemukan 77,3% menunjukkan tanda-tanda penyakit jantung. Suatu kajian pasca kematian terhadap pasien penyakit jantung koroner dibawah umur 50 tahun menunjukkan bahwa 63% yang mati ketika terjadi shock pada jam pertama, 85% selama 24 jam, dan hanya 23% yang masih hidup lebih lama setelah diberikan pengobatan serta hampir setengah dari mereka ini tidak menunjukkan gejala sebelumnya.
Pencegahan Terhadap Akibat - Akibat yang Disebabkan Lemak Jenuh Berlebih
            Perhatikan peringatan guru besar Universitas Harvard, Prof. Dr. Jean Mayer tentang kolesterol serum, “barang siapa yang sudah atau belum tahun akan kadar kolesterol serumnya, apabila melebih 200mg/100ml, haruslah berhati-hati terhadap jumlah telor yang dimakan. Dalam 1 minggu tidak boleh menyantap lebih dari 2 butir (kuning) telor. Anak kecil diatas 14 tahun juga harus berangsur-angsur mengurangi makan telor. Sebab banyak orang pada masa remaja (umur 12-22 tahun) sudah terjangkiti penyakit pembuluh nadi. Menurut penelitian, 80% tentara Amerika yang gugur dalam perang Vietnam ditemukan gejala pengerasan pembuluh darah yang sangat parah.”
            Jadi, kunci pertama adalah ketahuilah kada kolesterol serum darah kita. Jika kolesterol serum darah kita tinggi, maka alihkan makanan hewani yang berkolesterol tinggi (lihat tabel diatas) menjadi makanan nabati dengan membatasi konsumsi telor dan lemak dalam susu. Cara ini akan menurunkan kadar kolesterol serum.Makanan nabati dapat menurunkan kadar kolesterol serum darah. Hal ini telah diselidiki oleh ahli dari Universitas Milan dan para dokter di Maggiore Hospital, sebagai berikut “... That vegetable protein itself may act to keep cholesterol levels low.”
            Dalam laporan kepada The British Medical Journal, The Lancet, Dr. CR Sirtori mengambil kesimpulan bahwa orang-orang dengan tipe kolesterol tinggi, kadar kolesterolnya akan menurun apabila mengganti protein hewani menjadi protein nabati, misalnya protein kacang kedelai, sebab mengandung asam Metionin yang berpengaruh terhadap penurunan kadar kolesterol.
            Makanan Vegan dapat menurunkan tekanan darah.Penelitian epidemiologis menunjukkan bahwa makanan vegan dapat menurunkan tekanan darah. Kadar natrium dan kalium dalam sekresi air seni kaum Vegan tidak berubah. Kenyataaan bahwa rendahnya kadar lemak jenuh atau tingginya kadar lemak tak jenuh yang dikonsumsi mempunyai andil besar untuk menurunkan tekanan darah, mengeliminir resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.
Bagaimana menurunkan kadar kolesterol?
Berikut ini cara menurunkan kadar kolesterol, yaitu:
  • Berolah raga secara teratur.
  • Menjaga berat badan yang sehat.
  • Mengurang jumlah alkohol, karbohidrat dan lemak jenuh dalam makanan.
  • Banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, roti gandum, sereal dan buncis.
  • Hanya mengkonsumsi susu skim, keju, krim asam dan yogurt yang rendah lemak.
  • Mengurangi konsumsi daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit dan ikan.
  • Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak dan kaya akan kolesterol, seperti kentang goreng dan makanan cepat saji lainnya, tortila, sosis, daging babi, hot dog, kue, kue kering dan hidangan pencuci mulut lainnya.
  • Jangan menggoreng makanan anda, tapi masaklah dengan microwave, direbus, dipanggang atau dibakar.
  • Hindari juga lemak jenuh, yang terdapat di dalam daging atau produk hewan lainnya. Lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol darah, meskipun makanan yang mengandung lemak jenuh diberi label "bebas kolesterol". Contohnya, kue bebas kolesterol mungkin kaya akan lemak jenuh seperti minyak palem atau minyak kelapa, yang akan menaikkan kadar kolesterol anda.
  • Tidak ada anjuran mengenai jumlah asupan total lemak perhari. Meskipun demikian, anda harus mencoba untuk membatasinya sampai 30% atau kurang dari total kalori setiap harinya dan lemak yang berasal dari lemak jenuh harus kurang dari 10%.
Bagaimana mengurangi lemak jenuh dalam makanan?
Berikut ini cara bagaimana mengurangi lemak jenuh dalam makanan, yaitu:
  • Kurangi produk hewan yang berlemak dalam makanan anda, seperti hamburger, daging babi, sosis dan jeroan (hati, otak, ginjal).
  • Bacalah label secara seksama dan hindari makanan yang mengandung minyak sayur yang terhidrogenasi, mentega coklat, minyak palem atau minyak kelapa, lemak sapi dan lemak babi.
  • Lepaskan kulit dari unggas dan hilangkan lemak dari dagingnya sebelum dimasak.
  • Siapkan minimal satu kali makan tanpa daging setiap harinya.
  • Gunakan susu skim atau susu rendah lemak dan produk-produknya.
  • Nikmatilah makanan kecil bebas lemak, termasuk pretzel (kue kering asin), popcorn (jagung berondong) dan buah-buahan.
  • Hindari permen dan hidangan penutup, terutama yang mengandung coklat, yang terbuat dari gula merah dan mentega dan karamel.
  • Masaklah telur bagian putihnya saja.
  • Hindari makanan siap saji (kue, kue kering dan pastel) yang dijual di toko-toko.
  • Masak dan pangganglah makanan dengan menggunakan minyak sayur seperti kanola, bunga matahari, jagung, kedelai dan minyak zaitun.
  • Buatlah saus salad anda sendiri dengan menggunakan minyak-minyak di atas.
  • Gunakanlah margarin yang ringan/lembut.
Menurunkan berat badan juga akan membantu
            Apakah anda kelebihan berat badan? Jika ya, menurunkan berat badan akan membantu anda menurunkan kadar kolesterol. Yang paling baik adalah penurunan sebanyak ½-1 kg/minggu, karena hal ini biasanya menunjukkan bahwa anda sudah merubah kebiasaan makan anda menjadi lebih baik. Sebaiknya anda menghindari diet yang berlebihan, penggunaan pil atau larutan penurun berat badan. Berolah raga juga akan membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol anda.
            Latihan yang baik meliputi berjalan, joging, bersepeda, berenang, aerobik dan dansa. Cobalah untuk menemukan kegiatan yang anda sukai dan lakukanlah 3-4 kali/minggu selama 20-30 menit setiap kalinya.

Obat-obatan yang diresepkan
            Jika dokter anda memberikan resep obat untuk menurunkan kolesterol, minumlah sesuai petunjuk dan aturan. Ada beberapa obat penurun kadar kolesterol yang juga menurunkan kadar trigliserida.
            Bila anda menderita penyakit hati atau keadaan lainnya yang membuat anda tidak dapat mengkonsumsi obat penurun kadar kolesterol, niasin (vitamin B3) dosis tinggi (1000-2000 mgr/hari) bisa membantu menurunkan kadar kolesterol anda. Mintalah kepada dokter anda untuk membantu memulainya pada dosis yang rendah dan menaikkannya secara bertahap.


KESIMPULAN

1.      Tubuh manusia bisa mensintesa kolesterol yang memang sangat penting bagi    pertumbuhan   tubuh.
2.      Daging merupakan sumber utama lemak jenuh dan kolesterol disamping makanan lainnya.
3.      Kelebihan lemak jenuh dan kolesterol dalam tubuh dapt menyebabkan pengendapan lemak jenuh dan kolesterol tersebut di dinding bagian dalam pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyempitan, pengerasan dan penyumbatan saluran pembuluh darah serta hipertensi.
4.      Semakin banyak lemak jenuh dalam menu makanan seseorang, maka semakin tinggi juga resiko terkena penyakit jantung, penyakit pembuluh darah dan penyakit kanker.
5.      Proses penyumbatan pembuluh darah sudah mulai terjadi sejak kecil, oleh sebab itu tindakan pencegahan juga harus dilakukan sejak dini.
6.      Jauhi memasak dengan memakai lemak hewan atau lemak hidrogenasi dan menggantikannya dengan minyak nabati (minyak kacang kedelai, minyak jagung atau        minyak bunga matahari)
7.      Perbanyaklah makan makanan berserat tinggi, kurangi konsumsi daging.



DAFTAR PUSTAKA

Garcia , Liana. (10 September 2009). “ Tujuh Penyebab kolesterol Tinggi “. Penulis Artikel Kesehatan di inilah.com. http://www.inilah.com/read/detail/153994/tujuh-penyebab-kolesterol-tinggi/  
ichamor.blogspot.com. http://ridwanaz.com/kesehatan/pengertian-kolesterol/
Kaskus id blueberries. (September 2009).”All About Kolesterol”. http://pondok-cerita.blogspot.com/2009/09/all-about-kolesterol.html
Oetoro, Samuel M.S , SpGK. (28 Januari 2003). “Kolesterol & Asam Lemak Jenuh”. Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI),Pengurus Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) dan Pengurus Working Group in Metabolism and Clinical Nutrition Indonesia. ScientificMedicastore.http://medicastore.com/kolesterol/Kolesterol_Asam_Lemak_Jenuh.php
Peddyawati , Endang.( 14 September 2008 ). “Lemak, Kawan yang Bisa Jadi Lawan”. Ahli Gizi Klinik RS Persahabatan. http://www.benih.net/lifestyle/lemak-      kawan-yang-bisa-jadi-lawan.html


1 komentar: