Jumat, 04 Februari 2011

KARBOHIDRAT

Oleh:Chairun nisa
NPM : 712002 S 010009 R    Kelas : I A
D3 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Banjarmasin
2011
 .
Karbohidrat ('hidrat dari karbon', hidrat arang) atau sakarida (dari bahasa Yunani, sákcharon, berarti "gula") adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi(1) Karbohidrat adalah senyawa organik terdiri dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. contoh; glukosa C6H12O6, sukrosa C12H22O11, sellulosa (C6H10O5)n. Rumus umum karbohidrat Cn(H2O)m. Karena komposisi yang demikian, senyawa ini pernah disangka sebagai hidrat karbon, tetapi sejak 1880, senyawa tersebut bukan hidrat dari karbon. Nama lain dari karbohidrat adalah sakarida, berasal dari bahasa Arab "sakkar" artinya gula.
Karbohidrat sederhana mempunyai rasa manis sehingga dikaitkan dengan gula. Melihat struktur molekulnya, karbohidrat lebih tepat didefinisikan sebagai suatu polihidroksialdehid atau polihidroksiketon. Contoh glukosa; adalah suatu polihidroksi aldehid karena mempunyai satu gugus aldehid da 5 gugus hidroksil (OH)(2)
Ada dua macam karbohidrat yang kita peroleh dari sumber makanan. Ini adalah kompleks dan karbohidrat sederhana. Kedua jenis karbohidrat gula dan mereka menyediakan energi instan ke tubuh. Ada berbagai jenis gula yang berperan dalam metabolisme tubuh. Sumber utama energi tubuh adalah glukosa. Ketika datang ke karbohidrat kompleks dan sederhana, mereka berdua adalah gula, tetapi struktur ikatan kimianya sangat berbeda dari satu sama lain(3)
2. Karbohidrat Sederhana
Karbohidrat sederhana, monosa atau monosakarida adalah karbohidrat yang molekulnya lebih kecil dan susunannya lebih sederhana dibandingkan dengan molekul karbohidrat yang lain. Molekul karbohidrat ini tidak dapat diperkecil lagi dengan cara hidrolisis. Monosakarida adalah persenyawaan yang netral, mudah larut dalam air, kelarutannya dalam alkohol kecil,dan tidak larut dalam dietileter (4) Karbohidrat sederhana dibangun oleh 5 (lima) atom C disebut dengan pentosa. Sedangkan yang dibangun oleh 6 (enam) atom C dikenal dengan heksosa. Karbohidrat yang paling sederhana ditemukan di alam mengandung tiga atom C disebut triosa. Jika dengan gugus aldehida dinamakan aldotriosa (HOCH2-CHOH-CHO) dan dan dengan gugus keton disebut dengan ketotriosa (HOCH2-CO-CH2OH) (5) Monosakarida adalah karbohidrat sederhana karena mereka tidak dapat dihidrolisis menjadi karbohidrat yang lebih kecil. Mereka adalah aldehida atau keton dengan dua atau lebih kelompok hidroksil. Rumus kimia umum dari monosakarida dimodifikasi adalah (C • H2O) n, harfiah "hidrat karbon." Monosakarida adalah molekul bahan bakar penting juga sebagai blok bangunan untuk asam nukleat. Terkecil monosakarida, yang n = 3, adalah dihidroksiaseton dan D-dan L-gliseraldehida(6)

3. Makanan karbohidrat sederhana
                karbohidrat sederhana adalah orang-orang yang mudah dicerna oleh tubuh. struktur kimia mereka sangat sederhana bahwa mereka dapat dengan mudah dipecah menjadi gula. Mereka membentuk rantai molekul tunggal dan, karena itu, mereka mudah untuk memecah. Semua karbohidrat hanyalah rantai gula. Namun, beberapa dapat menjadi rumit, tapi karbohidrat sederhana hanya membentuk rantai tunggal (3) Karbohidrat sederhana itu antara lain terdapat pada buah-buahan misalnya apple, blackberries, strawberry, buah cherry, anggur, kiwi, jeruk, melon dll. Didalamnya termasuk gula meja yang bukan produk alami (7)
4. Karbohidrat Sederhana yang berlebihan
Karbohidrat sederhana umumnya sudah dibersihkan dari serat melalui pengolahan atau secara alami memang rendah serat. Karena itu, tubuh mengolahnya lebih cepat. Contoh dari karbohidrat sederhana adalah : gula, sirup jagung, jus buah, soda dan roti putih. Gula alami seperti laktosa, terdapat pada susu, dan fruktosa, pada jus buah juga termasuk pada karbohidrat sederhana.
Makan terlalu banyak karbohidrat sederhana dapat menyebabkan kegemukan karena gula darah yang meningkat tajam akan menyebabkan hormon insulin diproduksi tubuh. Fungsi utama insulin adalah untuk menurunkan gula darah, dan juga berfungsi untuk membawa lemak ke seluruh tubuh. Kelebihan insulin juga disebut hiperinsulinemia. Anda dapat merasakan jika anda makan roti putih atau sepiring nasi, betapa anda bisa cepat merasa lapar lagi. Hal ini disebabkan ketika anda makan makanan kaya karbohidrat sederhana ini, gelombang insulin akan menyebabkan gula darah anda segera habis dan kemudian anda jadi merasakan sensasi lapar lagi. Kemudian mulai kita merasa harus mengisi dengan karbohidrat lagi untuk menaikkan gula darah (8)
Karbohidrat sederhana yang diproses seperi gula pasir, madu, sirup, cake, dan selai akan langsung diserap dan digunakan tubuh sebagai energi, sehingga cepat menimbulkan rasa lapar. Gula pasir tidak mengandung zat gizi lain, hanya karbohidrat. Konsumsi gula sederhana  yang berlebih dapat mengurangi peluang terpenuhinya Zat gizi lainnya dan dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Bagi penderita diabetes, gula pasir bisa diganti dengan gula diet khusus untuk penderita diabetes mellitus(9)
5. Mengurangi Karbohidrat Sederhana
Dr Phaidon menjelaskan salah satu manfaat mengganti kebiasaan makan nasi adalah menghindarkan dari penyakit diabetes tipe 2 (diabetes karena gaya hidup).
Asal tahu saja nasi memiliki kadar gula yang tinggi yang meningkatkan level glukosa dalam darah sehingga bisa memicu risiko terkena diabetes. Dan bagi penderita diabetes harus mengatur kadar gulanya, salah satunya dengan mengurangi makan nasi agar penyakitnya tak kumat. Nasi putih termasuk karbohidrat sederhana yang mengandung kadar gula tinggi, ketika dicerna akan langsung menjadi energi dengan cepat dan meningkatkan kadar gula darah. Tapi karbohidrat sederhana tidak bisa menyimpan cadangan glikogen. Sebaliknya jenis karbohidrat seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah merupakan karbohidrat kompleks yang kadar gulanya rendah dan menahan kenyang lebih lama hingga 6 jam. Karbohidrat kompleks ini bisa disimpan di liver dan otot sebagai glikogen (zat sebelum menjadi glukosa). Jika tubuh kekurangan energi, cadangan glikogen inilah yang akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi. Karbohidrat kompleks mengandung lebih sedikit gula tapi lebih tinggi serat, sehingga justru memberi lebih banyak manfaat, baik bagi wanita, pria maupun anak-anak(10)
Kepustakaan
1.       MorningDawn, “Macam-macam Karbohidrat”, 2010, http://www.indowebster.web.id
(Diakses 31 Januari 2011)
2.       Qonita, “Karbohidrat”, 2009, http://qforq.multiply.com/journal/item/2  (Diakses 31 januari 2011)
3.       “Kompleks dan Sederhana Karbohidrat”, 2006,
4.       SAJODIN, “Karbohidrat”, 2010,  http://askepjodin.blogspot.com/2010/03/karbohidrat.html (Diakses 31 januari 2011)
5.       Zulfikar, “Karbohidrat”,  2010, http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia-kesehatan/biomolekul/karbohidrat/ (Diakses 31 januari 2011)
7.       Rovicky , “Tempe”, 2008, http://tempe.wordpress.com/2007/09/16/soal-kurma-gula-dan-nutrisi/ (Diakses 31 januari 2011)
8.       Aku bugar, “Karbohidrat Baik vs Karbohidrat Jelek-Pilih Tipe Karbohidrat yang Tepat”, 2011,
http://www.akubugar.com (Diakses 31 januari 2011)

9.       Ayu Bulan Febry Kurnia Dewi “Menu Sehat 30 Hari untuk Mencegah dan Mengatasi Diabetes Mellitus”, file:///C:/Users/acer/Documents/karbohidrat%20sederhana,%20gizi.htm#v=onepage&q&f=false (Diakses 31 januari 2011)

10.   Wahyuningsih Merry “Mengurangi Nasi Lebih Banyak Manfaat Kesehatannya “, 2010, http://health.detik.com/read/2010/10/13/160159/1463980/766/mengurangi-nasi-lebih-banyak-manfaat-kesehatannya (Diakses 31 januari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar