Senin, 06 Agustus 2012

DIET ITU IBADAH


Mungkin kita selama ini belum yakin, belum faham atau bahkan belum mengerti bahwa diet itu bagian suatu ibadah. Bahkan perintah untuk Diet secara jelas dan gamblang dituangkan dalam ayat di Al-Qur’an. Pengertian diet sebenarnya secara umum adalah makanan/minuman yang kita konsumsi sehari-hari, bukan seperti kebanyakan pengertian di masyarakat bahwa diet itu berkonotasi hanya pembatasan energy alias menurunkan berat badan. Diet dapat juga berarti jumlah dan jenis makanan yang dibutuhkan dalam situasi tertentu, seperti  mengatur makanan bagi penderita kencing manis, penderita kolesterol tinggi dll.

Benarkah diet itu ibadah? Secara gamblang Allah SWT Tuhan penguasa alam dan seisinya  berfirman dalam surat Al-A'raf ayat 31 "Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan. " begitu jelas firman Allah tersebut  mengandung paling tidak 2 pesan . 1. Kita dianjurkan untuk makan dan minum  2. Kita dianjurkan untuk mengatur makan dan minum kita dengan tidak berlebihan.  Makna berlebihan bisa diartikan kata “ terlalu” artinya apa terlalu banyak dan terlalu kurang , dalam konteks gizi berarti Gizi Lebih dan Gizi Kurang termasuk dalam kategori ini, termasuk didalamnya kelebihan atau kekurangan zat-zat gizi secara spesifik misalnya kurang zat besi, kurang vitamin A termasuk kolesterol yang tinggi dll.
Dengan berdasarkan firman tersebut maka jelas Diet itu bagian dari ibadah, alangkah bahagianya sebagai seorang Ahli Gizi bisa memberikan petunjuk diet dan berhasil mengajak orang lain agar berdiet secara benar berarti suatu amalan IBADAH yang akan dicatat sebagai amal kebajikan yang tentunya dapat menambah poin bagi kebahagiaan dunia dan akhirat. (Pramono, RSUD Ulin Banjarmasin, www.giziwebster.co.cc)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar