Senin, 15 Oktober 2012

GIZI MENCEGAH UBAN


Munculnya uban pada rambut bagi sebagian orang dapat menjadi masalah dan dirasa mengganggu penampilan. Bagi yang belum beruban tulisan ini perlu dibaca agar dapat mencegah munculnya uban dan bagi yang sudah beruban semoga dapat membantu mencegah lebih banyaknya uban bahkan dapat mengembalikan rambut yang beruban.

Perlu diketahui terjadinya uban merupakan gejala adanya gangguan sintesa protein. Sel melanosit jadi tak mampu lagi menghasilkan pigmen (melanin) sehingga rambut menjadi kehilangan warna. Proses kejadian ini seringkali dihubungkan dengan bertambahnya usia. 

Penyebab uban antara lain: 
- Sering mengalami stress
- Kurang gizi
- Menderita penyakit berat

Dari aspek gizi zat-zat gizi yang penting untuk mencegah terjadinya uban, pola makan sehat dengan berpedoman gizi seimbang wajib dilaksanakan. Jangan lupa perhatikan zat-zat gizi dibawah ini yang sangat berpengaruh terhadap terjadinya uban.

- Protein, terutama nabati amat penting untuk menjaga tekstur rambut dan membuatnya tetap bersinar. Banyak terdapat dalam biji-bijian, terutama kedelai.

- Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar. Vitamin A banyak terdapat dalam sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.

- Vitamin B berperan dalam melancarkan produksi minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. Vitamin B banyak terdapat dalam sayuran hijau daun, sereal, hati, yogurt, pisang.

- Mineral yang esensial bagi rambut adalah zinc, zat besi, dan copper. Banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut (sea food).

Sedangkan perawatan luar agar rambut tetap sehat mencegah terjadinya uban adalah dengan Usapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut dan remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Bagi yang sudah beruban Minyak kemiri terbukti dapat mempertahankan kehitaman rambut anda lebih lama dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk daripada anda menggunakan pewarna rambut yang dijual bebas dipasaran....Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar