Minggu, 02 Juni 2013

CIRI MENU SEHAT ADALAH WARNANYA WARNA –WARNI

CIRI MENU SEHAT ADALAH WARNANYA WARNA –WARNI

Fitokimia atau kadang disebut fitonutrien, berasal dari kata Phyto bahasa  Yunani yang berarti tanaman.  Fitokimia merupakan senyawa-senyawa kimia yang berasal dari tanaman yang mempunyai peranan penting bagi kesehatan. dalam arti luas adalah segala jenis zat kimia atau nutrien yang diturunkan dari sumber tumbuhan, termasuk sayuran dan buah-buahan. Fitokimia biasanya digunakan untuk merujuk pada senyawa yang ditemukan pada tumbuhan yang tidak dibutuhkan untuk fungsi normal tubuh jadi dianggap BUKAN ZAT GIZI , tapi memiliki efek yang menguntungkan bagi kesehatan atau memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit.

Cotoh warna beberapa bahan makanan beserta kandungan fitokimianya: WARNA  MERAH  jenis fitokimianya adalah lycopene, phytoene, phytofluene,  manfaatnya adalah Senyawa ini dua kali lebih efektif dibanding beta-karoten dalam mengeliminasi radikal bebas yang merusak sel.  Contoh sumbernya adalah Tomat, jus sayur, semangka.  WARNA HIJAU jenis fitokimianya adalah glucosinolates, folic acid, isothiocyanates, indole-3 carbinol, manfaatnya adalah Senyawa ini memiliki efek protektif dari kanker. Contoh sumbernya adalah Brokoli, kubis/kol, pak choy, kembang kol. WARNA ORANGE zat yang terkandung  alpha- and beta-carotene, beta-cryptoxanthin sumbernya adalah Wortel, labu kuning, mangga, aprikot, blewah, fungsi zat ini  memiliki efek antikanker. WARNA  ORANGE/KUNING mengandung vitamin C, flavonoids contoh makanannya Orange, jus orange, jeruk kepruk, jeruk-kuning, lemon, limau, pepaya, nenas. Senyawa  ini memiliki efek antioksidan dn antikanker. WARNA MERAH/UNGU zat yang dikandung anthocyanins, ellagic acid, flavonoids sumber bahan makanannya Anggur, cherri, anggur merah, stroberi, bluberri, blackberri, cranberri, plum, kismis. Manfaatnya mempunyai efek  20-50 kali lebih efektif dari vitamin C, mengurangi penggumpalan darah, efek antikanker dan anti penuaan. WARNA PUTI/HIJAU mengandung allyl sulfide contoh bahan makanannya Bawang merah, bawang putih. Senyawa ini memiliki efek antikanker dan anti penyakit jantung koroner.

Kesimpulannya jika anda ingin sehat maka warnailah menu yang anda makan karena warna makanan yang anda makan mempunyai kandungan zat gizi yang berbeda-beda jadi bukan sekedar garnish penghias makanan……………..Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar