Minggu, 15 Juli 2012

DIET PADA ASMA



PENGERTIAN ASMA
Penyakit Asma berasal dari kata “asthma” yang diambil dari bahasa Yunani yang mengandung arti “sulit bernapas”. Gejala awal dari timbulnya penyakit asma adalah adanya gejala sesak napas, batuk dan suara mengi (bengek) yang dikarenakan adanya penyempitan dan sumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada yang membuat saluran udara menjadi terhambat.
Secara global, pengertian penyakit asma adalah suatu jenis penyakit gangguan pernapasan khususnya pada paru-paru. Asma merupakan suatu penyakit yang dikenal dengan penyakit sesak napas yang dikarenakan adanya penyempitan pada saluran pernapasan karena adanya aktivitas berlebih yang mengakibatkan terhadap suatu rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan dan penyempitan pada pembuluh darah dan udara yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada. Umumnya seseorang yang menderita sesak napas atau asma bersifat sementara dan dapat sembuh seperti sedia kala dengan atau tanpa bantuan obat.

PENYEBAB ASMA
Sampai saat ini penyebab penyakit asma belum diketahui secara pasti meski telah banyak penelitian oleh para ahli. Teori atau hypotesis mengenai penyebab seseorang mengidap asma belum disepakati oleh para ahli didunia kesehatan.
Sel-sel tertentu di dalam saluran udara, terutama mastosit diduga bertanggungjawab terhadap awal mula terjadinya penyempitan ini. Mastosit di sepanjang bronki melepaskan bahan seperti histamin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya: - kontraksi otot polos - peningkatan pembentukan lendir - perpindahan sel darah putih tertentu ke bronki. Mastosit mengeluarkan bahan tersebut sebagai respon terhadap sesuatu yang mereka kenal sebagai benda asing (alergen), seperti serbuk sari, debu halus yang terdapat di dalam rumah atau bulu binatang.
Tetapi asma juga bisa terjadi pada beberapa orang tanpa alergi tertentu. Reaksi yang sama terjadi jika orang tersebut melakukan olah raga atau berada dalam cuaca dingin. Stres dan kecemasan juga bisa memicu dilepaskannya histamin dan leukotrien.
Sel lainnya yakni eosinofil yang ditemukan di dalam saluran udara penderita asma melepaskan bahan lainnya (juga leukotrien), yang juga menyebabkan penyempitan saluran udara.
Asma juga dapat disebabkan oleh tingginya rasio plasma bilirubin sebagai akibat dari stres oksidatif yang dipicu oleh oksidan.
Jika disimpulkan maka penyebab asma dua yaitu: 1. Alergen seperti: serbuk sari, debu, bulu binatang juga bisa makanan tertentu. 2. Stress oksidatif yang dipicu oleh oksidan.


TERAPI DIET
  • ·         Cukup Energi dan Protein, jaga agar berat badan dalam kisaran normal diupayakan ideal.
  • ·         Cukupi Kebutuhan air, biasakan minum air minimal ½ gelas per jam agar sekresi tetap encer.
  • ·         Hindari makanan yang telah diketahui sebagai biang penyebab terjadinya serangan asma.
  • ·         Hindari bahan makanan yang mengandung Sulfit hasil penelitian makanan yang mengandung sulfit dapat memicu serangan asma pada 20 persen orang penderita asma. Sulfit terdapat dalam makanan sebagai hasil dari fermentasi dan ditemukan dalam makanan olahan. Jika kita tidak hati-hati dalam memilih makanan, tentu banyak sekali makanan yang mengandung sulfit karena sulfit banyak sekali digunakan sebagai bahan pengawet. Sebelum anda memakan suatu makanan, bacalah dulu komposisi makanan tersebut karena sulfit menggunakan nama seperti sulfur dioksida, kalium bisulfit atau kalium metabisulfit, natrium bisulfit, natrium metabisulfit atau natrium sulfit.
  • ·         Perbanyak makanan sumber anti oksidan sebagai pencegah stress oksidatif, konsumsi minimal 3 porsi sayur dan 2 porsi buah setiap hari agar anti oksidan dapat terpenuhi. 
  • ·         Konsumsi makanan yang omega 3: makanan yang mengandung asam lemak omega 3 ternyata  mampu mengurangi gejala asma. Contoh makanan yang banyak mengandung omega3 yaitu : ikan, biji jintan, dan kacang. Atau bisa mengkonsumsi asam lemak yang mudah sekali didapatkan.


BAHAN MAKANAN YANG PERLU DIWASPADAI PENCETUS ASMA
Produk susu, minuman kedelai, apel dan pir 

(Pramono, www.giziwebster.co.cc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar