Kamis, 19 Juli 2012

JURUS JITU SUKSES DIET PUASA


Puasa  adalah metode diet asli  ciptaan Tuhan jika kita benar menjalankannya maka manfaatnya pasti  luar biasa bagi kesehatan kita. Agar dapat sukses diet puasa ada beberapa jurus yang harus dilancarkan:

  1.  Niatkan  Puasa dengan sungguh-sungguh dan iklas hanya mengharap ridlo Allah SWT
  2. Jangan pernah lewatkan dan segerakan Makan Buka Puasa, jangan pernah lewatkan Makan Sahur dan akhirkan waktunya.
  3. Pegang prinsip ini dengan teguh BERHENTI MAKAN SEBELUM KENYANG, jangan pernah sekali-kali makan sampai kekenyangan. Karena kita berhenti makan sebelum kenyang maka agar gizi kita tercukupi maka makanlah dengan cara PORSI KECIL TAPI SERING jadi jadwal makannya , Ketika tanda Buka tiba cukup dengan Kue ringan atau lebih baik 3 biji kurma dan minum ½ -1 gelas air hangat atau air kelapa, Habis Sholat Magrib makan utama 1 , Setelah Tarawih  makan utama 2 dan Makan Sahur makan utama 3, Sebelum imsak makan kue ringan atau bisa juga Kurma .
  4. Cukupi kebutuhan Air dengan minum air sedikit sedikit tapi sering  agar perut tidak kembung / merasa penuh tapi kebutuhan cairan terpenuhi tiap jam minimal 1 gelas.
  5. Karena waktu makan terbatas maka Pilih Makanan yang memenuhi unsure zat gizi dengan tepat setiap makan pastikan ada sumber tenaga (Karbohidrat, Lemak) , sumber pembangun (Protein) dan sumber pengatur (vitamin dan Mineral)
  6. Bagi yang kelebihan Berat Badan (Lemak) pastikan sumber vitamin dan mineral cukup dari bahan makanan SAYUR dan BUAH, anda jangan kawatir sumber tenaga anda terutama lemak tersedia berlimpah
  7. Bagi yang Kurus atau kurang Berat Badan  harus benar-benar pandai memilih Bahan makanan yang mempunyai Energi tinggi sekaligus Vitamin dan mineral tinggi. Contoh bahan makanan tinggi Energi misalnya Modisco yakni Minuman campuran Susu Gula dan Minyak  tapi jangan lupa temani sayur atau buah ketika mengkonsumsinya.



Selamat Berpuasa semoga kita dapat memperoleh manfaat luar biasa dari diet ciptaan Tuhan ini baik dari segi Jasmani maupun Rohani. (Pramono, www.giziwebster.co.cc)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar