Jumat, 20 Juli 2012

PUASA SAAT TEPAT RESTORASI KOMPOSISI TUBUH KITA



Komposisi tubuh yang sehat  manusia dewasa seharusnya adalah   sekitar  61.6 % Air, 17% Protein, 13.8% Lemak dan 6.1% Mineral. Jadi  jelas bahwa komposisi tubuh yang sehat seharusnya  Komponen Air yang paling besar disusul Protein baru Lemak dan Mineral,tetapi kenyataanya saat ini justru terbalik Komposisi yang  dominan adalah timbunan lemak tubuh, dan biasanya timbunannya sering tampak terlihat terutama pada daerah perut. Sekedar diketahui bahwa lingkar perut yang normal untuk dewasa orang asia (Indonesia) untuk pria seharusnya kurang dari 90 cm dan wanita kurang dari 80 cm.

JIka anda termasuk yang mempunyai komposisi tubuh yang tidak sehat  dan biasanya ditandai dengan ukuran lingkar perut diatas normal maka di bulan puasa ini saatnya yang tept untuk “merestorasi” kompisisi tubuh kita menjadi sehat. Perlu diingat penurunan berat badan bukan sekedar menurunkan bobot saja tetapi yang paling penting adalah membongkar timbunan lemak, menjadikan komposisi tubuh menjadi sehat,  Protein harus lebih tinggi dari pada lemak sehingga tubuh kelihatan padat berisi dan sintal. Secara ekstrim dapat dibandingkan manusia berotot contohnya binaragawan dan manusia berlemak atlet Sumo.
Kenapa puasa saat yang tepat untuk merestorasi komposisi tubuh kita? Jawabannya adalah ketika puasa maka akan terjadi perubahan proses metabolisme  tubuh kita terutama dalam memanfaatkan sumber-sumber energy kita.  Tubuh manusia mempunyai beberapa sumber energy yang bisa digunakan antara lain TRIASIL yang ada di jaringan lemak beratnya sekitar 12 kilo gram  dengan potensi energy 108.000kkal dengan potensi  waktu 45 hari, energy lainnya PROTEIN di dalam jaringan otot beratnya sekitar 6 kg  dengan potensi energy 24.000 kkal dan mempunyai potensi waktu 10 hari, yang ketiga GLIKOGEN letaknya ada di otot dan hepar  pada jaringan otot Glikogen beratnya sekitar 400 gr dengan potensi energy 1.600 kka  potensi waktu 16 jam, sedangkan yang ada di jaringan hepar beratnya 70 gr dengan potensi energy 280kkal dan potensi waktu 3 jam, yang terakhir GLUKOSA  terletak dalam darah berat sekitar 20 gr, dengan potensi energy 80 kkal dan potensi waktu 0.8 jam.  Ketika puasa kita tidak makan antara 12-14 jam hal tersebut  mengakibatkan adanya perubahan metabolisme tubuh terutama dalam penggunaan energy  karena ketiadaan pasokan makanan. Hari-hari biasa tubuh dimanjakan dengan selalu tersedianya pasokan glukosa maka ketika puasa hal itu tidak terjadi sehingga tubuh akan menggunakan alternative energy lainnya  termasuk timbunan lemak dalam tubuh kita. Ada satu hal yang menarik dalam saat kita puasa atas kebesaran Allah SWT protein tubuh menjadi hemat tidak terbongkar karena pada saat puasa karena hati tidak perlu  mensintesa Protein Fase Akut & Cytokine sehingga Proteolisis tidak terlalu banyak.
Agar dapat merestorasi komposisi tubuh kita dengan baik memang ada syaratnya yang pertama kita harus menjalankan puasa dengan tulus dan iklhas serta , tetap menjalankan aktivitas seperti biasa serta ketika berbuka sampai makan sahur harus menyantap makanan dengan prinsip gizi seimbang hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat murni seperti gula alias makanan /minuman yang manis. Selamat merestorasi tubuh anda semoga kita menjadi orang yang sehat jasmani maupun rohani. (Pramono, www.giziwebster.co.cc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar