Rabu, 15 Agustus 2012

DAFTAR KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN SAAT LEBARAN



Sebentar lagi hari kemenangan hari lebaran akan tiba, hari dimana kita akan berpesta  dengan berbagai sajian makanan yang melimpah dan begitu menggoda. Agar kita tidak terjebak dan lengah ketika lebaran tiba yang dapat menyebabkan turunnya kebugaran kita bahkan jatuh sakit.  Untuk itu perlu kita hindari kesalahan-kesalahan  yang sering dilakukan saat lebaran.


1.       Tidak makan sebelum sholat Idul  Fitri. Makan sebelum sholat Id sangat penting bahkan dalam suatu riwayat disebutkan   dalam sebuah hadist   "Rasulullah biasa berangkat shalat id pada hari Idul Fitri dan Beliau makan terlebih dahulu. Sedang pada hari Idul Adha Rasulullah tak makan lebih dahulu, kecuali sepulang dari shalat Id, baru Beliau menyantap hasil Qurbannya." (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah). Kenapa makan sebelum sholat id penting karena selama puasa pola makan kita beda yakni ada makan sahur, dengan makan sebelum sholat merupakan proses adaptasi pola makan ke pola sebelum puasa. Manfaat lainnya adalah agar kita tidak lapar sehingga kita tidak akan makan berlebih-lebihan setelah sholat apalagi ketika acara silaturahmi yang biasanya banyak disesiakan makanan yang lezat.

2.       Makan Berlebihan. Berhentilah sebelum kenyang itu prinsip yang harus kita pegang teguh. Makan Berlebihan. Berhentilah sebelum kenyang itu prinsip yang harus kita pegang teguh. Allah membenci orang yang berlebih-lebihan. Ingat diet itu juga ibadah.

3.       Memilih makanan /minuman berdasarkan nafsu dan selera bukan berdasar kandungan zat gizinya. Kondisi ini menjadi salah satu sebab banyak orang yang sakit sehabis puasa apalagi orang yang harus menjalankan diet sesuai penyakitnya semisal kencing manis,jantung dll.

4.       Makan dilakukan berdiri atau duduk bersandar bahkan tiduran ketika mengudap makanan. Ketika makan maka saluran cerna kita akan bekerja berat memproses makanan yang masuk agar kerja ringan dan makanan dapat terolah dengan baik maka posisi makan sangat penting termasuk agar pasokan oksigen sebagai motor metabolism dapat  tercukupi.

5.       Tidur setelah makan. Tidur setelah makan sangat tidak baik bagi kesehatan. Nabi Muhammad SAW telah member tuntunan bahwa kita tidak diperbolehkan setelah tidur setelah makan, beliau menganjurkan agar makanan dicairkan dengan cara berzikir dan sholat. Waktu ideal jarak antar makan dan tidur adalah minimal 2 jam.

6.       Tidak menyediakan makanan/minuman segar. Kebiasaan kita untuk menyediakan makanan/minuman yang berkadar gula, garam, lemak dan zat-zat pengawet yang tinggi menyababkan para tamu yang dating susah memperoleh makanan yang segar alami dan sehat. Agar dapat menunjang terciptanya derajat kesehatan kita bersama jangan lupa sediakan alternatif makanan segar dan menyehatkan semisal minum air putih/air mineral serta buah-buahan.  Selamat  hari raya Idhul Fitri , mohon maaf lahir bathin, semoga kita menjadi orang yang lebih bertaqwa dan dapat berjumpa ramadhan tahun yang akan dating. (Pramono, RSUD Ulin Banjarmasin)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar