Rabu, 01 Agustus 2012

PUASA SAAT TEPAT MEMBANGUN SISTEM KEKEBALAN TUBUH



Disaat puasa seperti sekarang merupakan saat yang tepat untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh kita.  Jika sistem kekebalan bekerja dengan benar, sistem ini akan melindungi tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus serta menghancurkan sel kanker dan zat asing lain dalam tubuh. Dengan puasa yang baik dan benar diharapkan salah sistem pertahanan tubuh kita menjadi kuat dan akan mampu menahan gempuran berbagai serangan penyakit sampai tahun depan ketika bulan puasa kembali tiba.
Agar dapat membangun sistem pertahanan tubuh maka kita harus mampu mencukupi berbagai zat gizi yang diperlukan untuk membangun sistem imun kita, beberapa jenis zat gizi yang sangat penting untuk membangun system pertahanan tubuh sbb:


1.       Glutamin adalah asam amino yang paling banyak ditemukan dalam tubuh, Glutamin (atau L-Glutamin) membentuk lebih dari 60 persen dari jaringan otot rangka. Ini adalah bahan bakar saluran pencernaan dan yang sangat dibutuhkan sistem kekebalan tubuh, dan 19 persen dari molekul Glutamin terdiri dari nitrogen, sehingga merupakan konduktor utama nitrogen untuk otot-otot. Glutamin terutama ditemukan terkonsentrasi tinggi di otak, otot, lapisan usus, paru-paru, jantung, ginjal, dan hati mana ia memiliki beberapa fungsi dan kritis. Glutamin diperlukan untuk pertumbuhan fungsi sel T dan sel NK (natural Killer), selain itu glutamin juga dapat menstimulasi ekspresi antigen permukaan, pembentukan sitokin, dan sintesis heat shock protein. Pada saluran pencernaan, pemberian glutamin secara enteral dapat menurunkan insiden terjadinya infeksi karena glutamin dapat meningkatkan fungsi pertahanan saluran cerna sehingga mencegah terjadinya translokasi bakteri. Bersama dengan sistein dan glisin, glutamin merupakan bahan utama sintesis glutathione, suatu entioksidan endogen. Sumber bahan makanan Glutamin adalah sumber hewan seperti ikan, telur, susu, daging sapi, unggas, yogurt, keju . Sumber nabati seperti kacang-kacangan, bit, bayam, parsley, kubis, biji rami. Sejumlah kecil glutamin juga ditemukan dalam kacang-kacangan, jus sayuran dan makanan fermentasi.
2.       Arginin adalah asam amino non-esensial, yang berarti dapat dibentuk oleh tubuh manusia, dan tidak perlu diperoleh secara langsung dari sumber diet. Namun demikian arginin dibentuk dalam jumlah terbatas, sehingga kadang-kadang masih dibutuhkan dari sumber diet. Pada orang yang mempunyai status nutrisi yang jelek atau dalam kondisi fisik tertentu disarankan untuk meningkatkan asupan makanan yang mengandung arginin. Peranan arginin yang sangat penting adalah dalam hal meningkatkan imunitas selular. Arginin juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan kemampuan untuk melawan kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor. Kemampuan farmakologinya tergantung pada bermacam-macam mekanisme. Dalam hal imunitas diperantarai oleh sintesa nitric oxide dan poliamin (melalui sintesa ornitin). Efek pada penyembuhan luka berhubungan dengan sintesa prolin dan efek terhadap metabolisme nitrogen kemungkinan berkaitan dengan sekresi hormon pertumbuhan.  yang juga  komponen asam amino  non esensial. Pangan yang menjadi sumber utama arginin adalah produk-produk peternakan (dairy products) seperti daging, susu (dan olahannya), dan telur. Dari produk tumbuhan dapat disebutkan cokelat dan biji kacang tanah.
3.       Asam Lemak Omega 3 ini merupakan Asam Lemak Esensial berarti tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia itu sendiri. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan asam lemak esensial ini manusia harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Omega3. Omega 3 merupakan  golongan PUFA (Poly Unsaturated Fat Acid). Peran dalam system imun tubuh adalah dapat menghambat kerja sitokin-sitokin proinflammatory (IL-1, IL-6, TNF). Oleh karena itu, diet yang mengandung asam lemak omega-3 ini bisa menjadikan membran sel sebagai mekanisme anti inflammatory. Sumber bahan makanan omega 3  : Ikan ini merupakan sumber omega-3 terbaik yang bisa Anda pilih. Ikan kaya akan omega-3 tetapi rendah omega-6. Sumber Omega 3 yang berasal dari ikan yang bisa anda Konsumsi diantaranya yaitu ikan salmon, ikan tuna, ikan tenggiri.Binatang berkulit keras yaitu Udang, kerang, serta kepiting. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga salah satu sumber Omega 3 nabati, beberapa jenis kacang polong merupakan pilihan yang lebih bagus dibandingkan jenis lainnya.Sumber Omega 3 yang berasal dari nabati juga berasal dari jenis-jenis sayuran diantaranya Bayam, Labu dan brokoli. Bayam selain kaya akan zat besi juga kaya omega-3.Buah-buahanSumber Omega 3 juga terdapat di buah-buahan diantaranya labu dan pepaya.Minyak Ikan sangat dipercaya sebagai sumber omega 3 terbesar. Kenapa minyak ikan sebagai pilihan sehat dalam memenuhi kebutuhan omega 3 Anda? Karena minyak ikan mengandung asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexanoic (DHA). Kedua asam lemak esensial tersebut merupakan dua bentuk dari asam lemak omega 3 yang sangat diperlukan tubuh. Beberapa jenis minyak ikan yang direkomendasikan berasal dari ikan tuna, makarel, trout, sarden, anchovies, dan salmon.
Sistem kekebalan tubuh kita mempunyai hubungan kuat dengan cara hidup dan asupan gizi kita. Ketika puasa  yang didasari iman dan taqwa dan keiklasan dan mampu mengendalikan diri terutama emosi kita maka tingkat stress harusnya juga menurun dan itu sangat menguntungkan untuk membangun system pertahanan tubuh kita.  Jika tubuh dilengkapi dengan nutrisi yang mencukupi dan sesuai, sistem imun kita dapat diperkuatkan dan bekerja secara optimal. Sistem imun kita berfungsi dengan baik supaya dapat mempertahankan tubuh dan melawan dari berbagai penyakit dengan memperhatikan dan mempertahankan status gizi dalam tubuh agar tetap seimbang dan optimal. (Pramono:RSUD Ulin Banjarmasin, www.giziwebster.co.cc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar