Rabu, 24 Oktober 2012

HARI RAYA QURBAN DITINJAU DARI SUDUT PANDANG GIZI


Setiap tanggal 10 Zdulhijah umat muslim merayakan hari raya Idhul Adha atau terkenal dengan hari raya Qurban karena pada saat itu di selenggarakan ritual penyembelihan hewan Quraban. Dari prespektif gizi ibadah qurban mempunyai makna sbb:


1. Islam menganjurkan untuk mengkonsumsi Protein Hewani jadi Islam tidak mengajarkan suatu diet yang menjahui atau bahkan melarang mengkonsumsi dari sumber hewani seperti diet vegetarian murni. 



Mengingat begitu pentingnya peran protein bagi tubuh manusia, Allah pun sebenarnya telah mengingatkan melalui firman-Nya dalam surat Al-Mukminun ayat 21 sebagai berikut: 



وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهَا وَلَكُمْ فِيهَا مَنَافِعُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ 



Artinya : “Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu terdapat pelajaran yang penting bagi kamu. Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada di dalam perutnya, dan (juga) pada binatang itu terdapat manfaat yang banyak untuk kamu, dan sebagian dari padanya kamu makan."



Dari terjemahan ayat tersebut, sebenarnya Allah telah memperingatkan kita betapa pentingnya mengkonsumsi protein, terutama protein hewani yang berasal dari daging, susu, dan telur binatang ternak. Peringatan Allah akan pentingnya mengkonsumsi protin tersebut tentunya dengan batasan tertentu, yakni sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) masing-masing individu.



Protein sendiri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu protein hewani dan nabati. Sumber protein hewani yaitu daging, ikan, ayam, telur dan susu. Sementara sumber protein nabati dapat diperoleh dari padi-padian, biji-bijian dan kacang-kacangan. Protein nabati dapat disebut sebagai protein tidak lengkap karena senantiasa mempunyai kekurangan satu atau lebih asam amino esensial. Sementara protein hewani memiliki semua asam amino esensial, hingga disebut protein lengkap. Selain itu protein hewani juga unggul dalam Pemanfaatan (utilisasi)karena kandungan asam amino esensial yang terkandung dalam protein hewani lebih lengkap. Selain kandungan asam amino, faktor nilai cerna dari protein juga menjadi faktor penting dari manfaat protein yang dikonsumsi. Jadi Protein hewani memang lebih banyak keunggulannya dibanding protein nabati. Selain itu kandungan Vitamin B12 yang terkandung dalam protein hewani menjadi sebuah keunggulan tersendiri. Selain manfaat vitamin B12 dalam optimalisasi fungsi syaraf, ternyata vitamin B12 juga tidak ditemui dalam protein nabati. 



2. Perlunya memperhatikan pemberian gizi khususnya sumber protein hewani kepada kelompok orang yang kurang mampu. Di dalam ibadah Qurban daging hewan yang disembelih untuk dibagikan kepada golongan terutama yang kurang mampu, sehingga dalam menu sehari-harinya kemungkinan jarang terpenuhi sumber proteinnya khususnya protein hewani. Jika Idhul Fitri wajib dikeluarkan zakat fitrah berupa bahan makanan pokok maka pada Idhul Adha yang dibagikan adalah sumber protein hewani. Jadi secara substansial ibadah qurban menjadi waktu tepat untuk memasok protein kepada golongan kurang mampu dan bagi yang berqurban sebenarnya tidak perlu ikut-ikutan menikmati apalagi secara berlebihan yang ujung-ujungnya akan mengganggu kesehatan karena dalam sehari-hari proteinnya sudah tercukupi.



Ada dua pesan penting hikmah dari hari raya qurban yang pertama adalah betapa penting sumber protein hewani dan yang kedua pentingnya intervensi mencukupi kebutuhan gizi bagi golongan yang kurang mampu terutam sumber protein hewani sehingga tidak menimbulkan permasalahan gizi....Selamat Hari Raya Idhul Adha mohon maaf lahir bathin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar