Minggu, 21 Oktober 2012

MENGUPAS KANDUNGAN BENKOANG ALIAS BESUSU


Bengkoang merupakan jenis buah berwarna putih dan orang jawa terutama daerah Ngawi Jawa Timur menyebutnya Besusu karena memang bentuknya mirip Payudara. Agar mengetahui manfaat bengkoang maka kita harus mengetahui apa saja kandungan zat yang terdapat didalamnya.
Kandungan zat gizi Bengkoang per 100 gram adalah : Energi 55 kal, Protein 1.4 gr, Lemak 0.2 gr, Karbohidrat 12.8 gr, Kalsium 15 mg, Fosfor 18 mg, Vitamin A 0 SI, Vitamin B1 0.04 mg, Vitamin C 20 mg, Besi 0.6 mg. Kandungan zat aktif lainnya adalah zat yang mirip estrogen yang dihasilkan oleh isoflavon disebut fitoestrogen, zat lainnya adalah Inulin , fenolik,pachyrhizon dan rotenon. 


Dengan memiliki kandungan zat gizi dan zat aktif seperti diatas maka tidak heran jika Bengkoang menjadi salah satu buah yang mempunyai multi manfaat. Jarang buah mengandung Kalsium yang banyak seperti Bengkoang selain itu juga kaya akan berbagaai vitamin dan mineral lainnya. Keunggulan lainnya adanya zat Inulin dan fitoestrogen. Fenolik merupakan senyawa yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Kelompok terbesar dari senyawa fenolik adalah flavonoid, yang merupakan senyawa yang secara umum dapat ditemukan pada semua jenis tumbuhan.

Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan manfaat dari buah bengkoang antara lain: 
  • Inulin dan oligosakarida disebut sebagai prebiotik karena secara selektif merangsang pertumbuhan dan/atau aktivitas beragam jenis bakteri usus yang dapat meningkatkan kesehatan. Karena sifat ini maka inulin dan oligosakarida dapat dikombinasikan dengan sediaan probiotik (bakteri hidup yang ditambahkan pada makanan inang untuk meningkatkan kesehatan). Artinya Benkoang dapat meningkatkat system pertahanan tubuh kita.
  • Beberapa penelitian telah mengindikasikan efek positif inulin dan oligosakarida pada absorpsi kalsium pada tikus dan manusia serta pencegah kanker pada hewan. Lebih dari 10 penelitian menunjukkan bahwa inulin meningkatkan absorpsi dan deposisi kalsium pada tulang tikus dan manusia. Hasil penemuan ini memberikan indikasi yang menjanjikan bahwa inulin dan oligosakarida dapat membantu mencegah osteoporosis. 
  • Kandungan pitoestrogen juga sangat membantu menjaga kesehatan tulang mencegah osteoporosis terutama bagi wanita yang sudah menopause karena kekurangan hormone estrogen.
  • Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah bengkuang dapat mencegah kita dari beberapa masalah kesehatan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar dan kanker kolon. Lalu manfaat bengkoang terakhir untuk kesehatan adalah dapat membantu tubuh dalam menurunkan kadar glukosa. Dengan demikian mengkonsumsi buah bengkoang dapat menjauhkan kita dari resiko diabetes. 
  • Dapat menjadi buah pilihan untuk diet menurunkan berat badan. 
  • Menurunkan Kadar Kolesterol Darah: Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu dengan cara melakukan pengaturan makanan dengan baik dan benar. Terapi jus bengkuang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan air dan serat dalam bengkuang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain serat dan kadar air yang tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkuang yang berfungsi sebagai antioksidan juga dapat membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam darah.
  • Zat pachyrhizon dan rotenone sangat baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit sehingga tidak heran bengkoang sering dijadikan masker untuk kesehatan kulit.


Manfaat bengkoang memang banyak mungkin masih banyak manfaat lainnya yang belum tercantum disini bisa ditambahkan lain waktu…………semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar