Rabu, 22 Mei 2013

8 ZAT GIZI PEMBANGUN SISTEM PERTAHANAN TUBUH


IGIN SELALU SEHAT BANGUN SISTEM PERTAHANAN TUBUH KITA DENGAN 8 ZAT GIZI INI

Sehat merupakan  dambaan setiap manusia bahkan ada ungkapan “Kesehatan memang bukan segala-galanya, tetapi tanpa kesehatan anda tidak bisa berbuat apa-apa, bahkan segala-galanya itu mungkin akan sirna”. Agar kita selalu sehat maka kita harus membangun system pertahan tubuh kita dengan kokoh karena serangan berbagai penyakit bisa datang dari luar maupun dalam tubuh kita sendiri.

Beberapa zat gizi yang sangat penting dipenuhi agar system pertahanan tubuh kita menjadi kokoh dan handal dalam menghadapi berbagai penyakit antara lain adalah:


1.       Vitamin A;  mempunyai fungsi penting dalam memelihara permukaan epitel, barier fisik dan sebagai zat pengaktif makrofag yang berfungsi memakan berbagai kuman penyakit yang menyerang. Sumber alami vitamin A dapat diperoleh dari makanan hewani sebagai retinol seperti hati, daging susu termasuk ikan yang berlemak serta minyak ikan. Sedang dalam tumbuhan sebagai karetenoid banyak terdapat pada sayuran yang berwarna jingga, hijau dan merah.
2.       Vitamin B6 mempunyai peran dalam system imun adalah sebagai pembentuk DNA dan RNA yang memperoduksi limfosit dan sitokin. Sumber bahan makanannya adalah banyak terdapat pada makanan yang tidak terproses seperti serealia, kacang tanah, kenari, juga daging serta ikan.
3.       Vitamin C berperan sebagaai antioksidan yang berfungsi melindungi kerusakan oleh radikal bebas akibat fagositosis.  Makanan  sumber vitamin C antara lain jeruk dan sayuran yang berwarna hijau.
4.       Vitamin D terdapat dalam sel imun yang bersifat imunosupresif. Pemenuhan vitamin D secara alami dapat dipenuhi dengan cukup terkena sinar  matahari serta dari makanan ikan, telur, hati, minyak ikan serta susu.
5.       Vitamin E berperan meningkatkan system imunitas baik humoral dan selular. Agar cukup kebutuhan tiap hari maka konsumsilah Sayuran berwarna hijau, unggas , ikan dan telur.
6.       Mineral Zink berperan dalam perkembangan limfosit T dan aktifitas sel imun. Bahan makanan sumber mineral Zink adalah makanan yang biasanya juga banyak mengandung protein seperti daging, makanan dari hasil laut serta produk susu.
7.       Mineral Besi jika dalam tubuh kadarnya rendah maka akan menghambat aktifitas fagositik. Mineral besi atau zat besi banyak terdapat di daging, ikan dan telur.
8.       Mineral Selenium apabila rendah maka kemampuan membunuh kuman pathogen  didalam tubuh akan berkurang. Selenium banyak terdapat pada  kacang brasil, daging, telur ikan dan produk dari susu.

Untuk itulah agar kita  mempunyai system pertahanan tubuh yang handal dan kokoh maka kita  mutlak harus mencukupi 8 zat gizi diatas.  Semoga bermanfaat…………..Salam sadar gizi.
(Posted by: Pramono .)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar