Sabtu, 25 Mei 2013

PENYAKIT AKIBAT ‘’memiskinkan zat gizi” ULAH TANGAN MANUSIA

Renungan Gizi
PENYAKIT  AKIBAT ‘’memiskinkan zat gizi” ULAH TANGAN MANUSIA

Bukan rahasia lagi semua makanan dan minuman yang ada di muka bumi sebenarnya sudah disediakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan diperuntukkan untuk manusia dalam kondisi yang baik dan menyehatkan. Secara sederhana bahan makanan dan minuman tersebut hanya perlu dimasak (dimatangkan) atau tidak agar dapat dikonsumsi oleh manusia tanpa perlu dibuat inovasi dan variasi yang berlebihan, karena justru akan berakibat tidak baik bagi kesehatan. 


Dalam  sebuah firmannya Allah berfirman: “Dan musibah apa saja yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” Dalam ayat lain disebutkan “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari sebab (kesalahan) dirimu sendiri.” Dan dalam kenyataanya jika kita perhatikan maka banyak masalah gizi dan kesehatan yang terjadi dikarenakan ulah tangan kita sendiri.  Berbagai ketidak seimbangan gizi, merosotnya nilai gizi dan manfaat makanan serta minuman dikarenakan oleh ulah tangan kita yang kadang terlalu kreatif dan inofatif. Kreatifitas yang sangat tinggi para chef (ahli memasak)  yang dapat membuat makanan menjadi bercita rasa tinggi dapat  memicu konsumsi yang berlebihan serta  secara umum kurang mengindahkan dampak perlakuan  pengolahannya yang bisa  memiskinkan zat-zat gizi yang dikandungnya bisa meningkatkan resiko timbulnya berbagai penyakit.

Berbagai contoh tindakan manusia yang tanpa sadar memiskinkan bahkan merusak zat gizi yang dikandungnya antara lain; Pembuatan minum seperti jus buah yang awalnya buah bernutrisi tinggi dibuat jus dan dalam pembuataannya ditambah, susu kental manis, sirup dll yang akhirnya justru gula dan lemak yang mendominasi kandungan gizinya termasuk menurunnya manfaat serat akibat di blender. Minuman yang sangat sehat telah disediakan oleh Tuhan yakni air putih dan minuman dari buah semisal air kelapa merupakan jaminan untuk menjaga kesehatan, kita tambahi kopi dengan gula yang manis misalnya. Tidak slah memang minu kopi bahkan berbagai penelitian terakhir mrnunjukkan bahwa kopi dapat mencegah penyakit diabetes mellitus tapi tahukah anda itu terjadi jika kita minum kopinya tanpa gula. Contoh lain adalah pembuatan berbagai macam kue yang sering kita makan sehari-hari seperti Pisang Goreng, buah pisang yang awalnya tinggi zat gizinya di goreng kemudian di tambahi tepung bahkan agar manis juga ada yang menambahi dengan gula secara rasa akan menjadi nikmat tetapi dari sudut pandang gizi  hal tersebut termasuk kategori MEMISKINKAN ZAT GIZI.

Semoga renungan ini dapat menjadi bahan untuk merubah perilaku kita dalam mengkonsumsi makanan secara sehat…..Salam Sadar Gizi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar