Selasa, 28 Mei 2013

SETELAH MAKAN SATE SEBAIKNYA JANGAN MINUM TEH, MINUMAN RINGAN ATAU KOPI

SETELAH MAKAN SATE SEBAIKNYA JANGAN MINUM TEH, MINUMAN RINGAN ATAU KOPI 


…………“Kebiasaan habis makan sate (atau makanan tinggi protein lainnya) kemudian minumnya teh manis, minuman ringan atau kopi sama artinya akan menguras cairan tubuh kita yang dapat menebabkan terjadinya dehidrasi” …………………



Dehidrasi (kurang cairan) kadang diremehkan terutama jika dehidrasinya masih tingkat ringan, padahal kondisi dehidrasi merupakan cikal bakal menurunnya kondisi kebugaran kita. Dampak buruk dehidrasi dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan juga bisa ditandai nyeri kepala, pusing, lemas, jantung berdebar-debar, peningkatan tekanan darah bahkan sampai gagal ginjal, koma dan bisa menyebabkan kematian. 

Ada berapa zat gizi yang dapat mempengaruhi terjadinya DEHIDRASI yakni, Diet Tinggi Natrium dan Tinggi Protein, Kafein serta Alkohol. Diet tinggi natrium dan tinggi protein akan meningkatkan kandungan zat terlarut dan dengan demikian juga meningkatkan kehilangan urin obligatori dan memerlukan lebih banyak asupan cairan sebagai kompensasi dari kehilangan tersebut. Kafein merupakan senyawa metilxantin yang biasa ditemukan pada kopi , the, dan kola, serta beberapa minuman berenergi tinggi dan secara kimiawi berhubungan dengan teobromin serta teofilin yang ditemukan pada the dan coklat. Zat-zat tersebut memberikan efek diuretic, sedang Alkohol dapat menyebabkan keseimbangan cairan negatif . 

Jadi langkah bijaksana apabila kita mengkonsumsi zat-zat gizi diatas maka perlu mengimbangi dengan minum yang cukup seperti ketika kita makan sate atau makanan tinggi protein tinggi lainnya misalnya kacang goreng dll jangan lupa imbangi minum air putih yang banyak. Kebiasaan habis makan sate (atau makanan tinggi protein lainnya) kemudian minumnya teh manis, minuman ringan atau kopi sama artinya akan menguras cairan tubuh kita yang dapat menebabkan terjadinya dehidrasi…………………Salam Sadar Gizi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar