Minggu, 16 September 2012

CUKUPI KROMIUM AGAR INSULIN MENJADI CERDAS DAN GULA DARAH TERKENDALI.


Bagi para penderita diabetes type 2 produksi insulin biasanya masih cukup tetapi kerjanya tidak efektif atau yang biasa disebut resistensi insulin, seandainya kita dapat melakukan hal yang dapat membuat insulin menjadi cerdas sehingga bekerja efektif maka gula darah tentunya dapat dikendalikan dengan baik.

Langkah agar insulin menjadi cerdas adalah dengan cara MENCUKUPI KEBUTUHAN MINERAL KROMIUM:
Chromium berperan penting pada metabolisme dan penggunaan karbohidrat, sintesa asam lemak, kolesterol dan protein. Makanan ala modern yang banyak dikonsumsi masyarakat saat ini sangat sedikit kandungan Chromiumnya. Kekurangan Cromium dapat menyebabkan kelelahan, kegelisahan, diabetes, gangguan metabolisme asam amino dan meningkatkan resiko aterosklerosis. 

Mencukupi kebutuhan kromium akan dapat menjaga keseimbangan kadar gula darah dan meningkatkan efisiensi kerja insulin.Chromium sering disebut sebagai “Glucose Tolerance Factor” (faktor pengendali kadar gula darah) dibutuhkan pada proses pengolahan glukosa menjadi energi. Fungsi utama kromium ialah untuk meningkakan aktifitas insulin dalam metabolisme glukosa dan untuk mempertahankan kecepatan transpor glukosa dari darah ke dalam sel. Kromium juga berperan dalam mengaktifkan kerja beberapa enzim dan memegang peranan penting dalam metabolisme protein dan lemak. Defisiensi kromium adalah terganggunya toleransi glukosa. 

Mineral Kromium tergolong essential trace mineral (mineral penting yang dibutuhkan dalam jumlah kecil) karena tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga harus dipasok dari makanan sehari-hari. Karena sedikitnya kebutuhan kromium ini hingga sering tak diperhitungkan padahal zat ini sangat diperlukan bagi hampir semua jaringan tubuh manusia, termasuk kulit, otak, otot, limpa, ginjal dan testis.

Kromium berasal dari bebatuan dalam perut bumi dan hanya tumbuh-tumbuhan yang bisa langsung menyerap mineral dari tanah. Kandungan kromium yang ada dalam tanah di mana tumbuhan tumbuh menentukan kadar zat itu. Oleh sebab itu makanan yang sudah diproses oleh industri dipastikan akan sangat sedikit kemungkinan mengandung Kromium, Cukup konsumsi MAKANAN SEGAR seperti buah-buahan segar dan sayuran dan makanan alami lainnya setiap hari dapat menghindari resiko kekurangan kromium. Sumber kromium dapat diperoleh dari: rempah-rempah, ragi, daging sapi, wholegrains (beras merah, raw oats, kedelai,dsb), buah dan sayuran segar, kentang, ikan laut, jamur reishishiitake. Perlu diingat agar kita tidak kekurangan kromium maka batasi penggunaan gula............... Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Mau tanya, Konsumsi gula y berlebihan apa bisa menghambat penyerapan/ metabolisme kromium itu sendiri??
    terima kasih infonya..

    BalasHapus