Minggu, 16 September 2012

BELAJAR DIET PADA BINATANG

Sebagai sesama makluk Tuhan meski manusia paling sempurna tidak ada salahnya kita belajar pada makluk lainnya termasuk binatang ya seperti kata bijak A fool thinks himself to be wise but a wise man knows himself to be a fool. 

Dalam ilmu biologi binatang / hewan dapat kita bagi menjadi beberapa jenis / macam berdasarkan makanan yang dimakan sehari-hari, yaitu :
1. Herbivora / Herbifora: adalah jenis hewan yang memakan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti daun, kayu, biji, buah, bunga, dan lain sebagainya. Contoh Binatang herbivor adalah kambing, unta, kerbau, kelinci, burung dara, dan lain-lain. 2. Carnivora / Karnivora;adalah jenis binatang yang memakan makanan yang berasal dari tubuh hewan lainnya seperti daging, darah, dan sebagainya. Hewan ini disebut juga sebagai hewan predator. Contoh hewan carnifora adalah singa, macan, harimau, cheetah, piranha, burung bangkai, burung pemakan serangga, ikan arwana, dan lain sebagainya. 3. Omnivora / Omnifora; adalah jenis hewan yang memakan makanan keduanya baik tumbuhan maupun hewan. Binatang ini makan silih berganti antara keduanya. Contoh binatang omnivora adalah yakni tikus, ikan mas, ikan mujair, ayam, dan lain-lain.

Setelah kita tahu jenis berdasarkan makanan / dietnya sekarang kita perhatikan dengan "attitude" tingkah laku secara umum 1. Hewan herbivora secara umum tingkah lakunya paling lembut dan tidak buas dan cenderung jinak meskipun sebenarnya mereka juga sangat kuat terutama ketika marah. 2. Hewan Carnivora, binatang golongan pemakan dari tubuh hewan lainnya ini pada umunya bersifat buas, pemarah, dan kurang bersahabat sehingga jarang dijadikan binatang peliharaan rumah tangga. 3. Binatang golongan Omnivora, pada umumnya mempunyai sifat lincah kreatif, licik bisa lembut bisa buas dan bisa rakus, dan jika diperhatikan merupakan gabungan dari sifat jenis Herbivora dan Carnivora.

Sekarang bagaimana dengan manusia? manusia salah satu makluk Tuhan yang termasuk golongan Omnivora karena makan baik tumbuhan maupun hewan. Sebagai makluk Tuhan yang paling sempurna maka kita diharapkan lebih bijak dalam memilih konsumsi makanan yang kita makan. Dengan melihat uraian diatas dapat dijadikan pelajaran apablia kita makan seperti binatang golongan carnivora maka kita akan cenderung menjadi pemarah, tidak sabaran dan mengedepankan kekuatan, jika kita makan seperti hewan Herbivora maka kemungkinan kita akan lebih lembut, penyabar, dan hanya mengeluarkan kekuatan jika memang diperlukan. Karena Tuhan menciptakan apa yang dilangit dan di bumi untuk kepentingan manusia termasuk hewan dan tumbuhan maka kita harus pandai memilihnya dengan mengkonsumsi makanan secukupnya tidak berlebihan dan akhirnya kalau kita perhatikan konsep gizi seimabang dapat menjadi pegangan dalam diet kita. Dengan Lebih banyak konsumsi dari sumber tumbuhan tanpa meninggalkan sumber hewan....semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar