Minggu, 16 September 2012

TIROID KUNCI SUKSES DIET ANDA (Bag. 2)


Melanjutkan tulisan pagi kemarin....Fungsi tiroid sangat penting terutama dalam mensukseskan diet kita. Selain penting untuk pemeliharaan berat badan baik yang ingin naik mapun turun berat badan, penurunan kadar kolesterol darah tetapi juga penting untuk juga untuk libido (dorongan sex), fungsi mental, kondisi kulit, kesehatan kardiovaskuler dan masih banyak lainnya.

Tiroid akan memproduksi hormon T4 ketika mendapat rangsangan adanya TSH (Thyroid stimulating hormone) T4 agar dapat digunakan maka harus diubah menjadi T3, jadi ketika anda sedikit memiliki TSH maka otomatis tiroid juga tidak akan cukup membuat T4 dan tentunya T3 yang diubah juga sedikit. Masalah lain juga timbul jika T4 banyak tetapi tubuh anda tidak mampu mengubah menjadi T3 sehingga anda menjadi kekurangan T3. Tubuh tidak mampu mengubah T4 menjadi T3 salah satu penyebabnya adalah karena adanya stress karena ketika stress tubuh akan mengeluarkan hormon Kortisol yang menghambat T4 untuk jadi T3. Makanya tidak heran bagi yang tidak pandai mengelola stress maka cenderung mudah gemuk. 

Agar Tiroid dapat bekerja dengan optimal serta berproduksi secara seimbang artinya tidak lebih tidak kurang maka kita harus melakukan langkah-langkah sbb:

Langkah Pertama kita harus cukupi sumber zat gizi untuk membentuk / sintesis hormon tiroid:
 
  • Makanan sumber Yodium: rumput laut dan makanan laut (kerang, udang, tiram, salmon, sarden), serta garam beryodium , telur, asparagus, jamur, bayam, biji wijen, labu , bawang putih. 
  • Membatasi serta memasak dengan benar makanan yang menghambat penyerapan Yodium ( Goitrogenik) contoh kanannya adalah: brokoli, kembang kol, bayam, lobak, kedelai, kacang tanah, kacang pinus. Kabar baiknya adalah bahwa banyak ahli kesehatan percaya bahwa memasak dapat menonaktifkan goitrogenik, jadi masaklah dengan benar jangan dimakan dengan mentah. Kacang kedelai memang banyak manfaat bagi orang yang sehat, tetapi potensi goitrogenik harus dipertimbangkan oleh kelompok berisiko: orang yang memiliki riwayat keluarga hipotiroidisme, mereka yang sudah memiliki gejala, dan wanita menjelang menopause. 
  • Cukupi asam amino tirosin karena untuk membentuk T4 maka Yodium harus bekerjasama dengan asam amino tirosin. Tirosin; pertama kali di temukan dalam keju. Pada manusia, asam amino ini tidak bersifat esensial, tapi pembentukanya menggunakan bahan baku fenilalanin oleh enzim phehidroksilase. Tirosin terkandung dalam hati ayam, keju, alpukat, pisang, ragi, ikan dan daging.

Langkah Kedua memenuhi zat gizi agar T4 dapat diubah menjadi T3:
  • Cukupi Zat gizi yang paling penting dan harus dipenuhi adalah Selenium.Selenium merupakan elemen yang sangat diperlukan untuk fungsi tiroid sehat.
  • Makanan dengan Selenium: kacang Brazil, jamur, tuna,daging sapi, kedelai, biji bunga matahari. 
  • Penuhi mineral Seng karena dua mineral Seng dan selenium berfungsi sebagai kofaktor untuk fungsi enzim yang diperlukan agar T4 bisa dirubah menjadi T3. Enzim yang berperan tersebut bernama 5'-deiodinase. Sumber Seng adalah: Sarden, daging sapi, domba, kalkun, kacang kedelai, kacang polong, biji-bijian, kacang walnut, jahe, biji bunga matahari,kacang Brasil, kacang almond, maple
  • Penuhi Vitamin E karena berfungsi penting dalam menstabilkan membram sel dimana enzim 5'-deiodinase berada. Sumber Vitamin E almond, kedelai, dan kacang-kacangan lainnya, biji bunga matahari, kacang, hati, sayuran berdaun hijau, asparagus.

Langkah Ketiga :
  • Hindari atau Kelola Stress dengan bijak 
  • Cukup Tidur baik kualitas maupun kuantitas dianjurkan tidur dimalam hari minimal 6-7 jam.

Jaga tiroid anda karena penting agar diet anda sukses...semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar